Beranda Berita Utama Rabambo dan Alat Musik Tradisional Mongondow Lainnya Berhasil Direvitalisasi

Rabambo dan Alat Musik Tradisional Mongondow Lainnya Berhasil Direvitalisasi

625
0
Rabambo dan Alat Musik Tradisional Mongondow Lainnya Berhasil Direvitalisasi
Pemerhati Budaya Mongondow yang sedang memainkan alat musik rabambo

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Alat musik Rabambo salah satu alat musik tradisional Bolaang Mongondow yang hampir punah ditelan zaman, yang berhasil direvitalisasi kembali pemerhati seni budaya Mongondow.

Alat musik Rabambo adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek sehingga menghasilkan suara yang merdu.

Pemerhati Budaya Mongondow asal Kota Kotamobagu, Chairun Mokoginta, mengatakan alat musik Rabambo adalah musik yang berhasil direvitalisasi kembali dari kepunahan.

“Musik Rabambo ini sudah punah dan saya berhasil merevitalisasi kembali bersama dengan kesenian kesenian daerah Bolanng Mongondow Raya lainnya.” kata Chairun Mokoginta.

Selain Rabambo kata Chairun, alat musik tradisional sudah direvitalisasi kembali diantaranya, alat musik Kantung, Gimbal, Kolintang, Tantabua, Golontung, Bonsing, Beongan, Oli Olig, Bansi’.

“Itu semua alat musik yang direvitalisasi dari kepunahan dan sudah ada tersedia di sanggar seni budaya di kediaman saya. Kemudian ada juga beberapa Olahrag tradisional yang akan digali kembali dari kepunahan diantaranya, Mobinsian (olahraga du betis), Mobingkilan ( Gulat), kemudian untuk seni adalah seni Tari Ronggo.” Ungkap Chairun Mokoginta.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisat dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu Moch Agung Adati, mengatakan, saat ini memang pihaknya terus menggali seni budaya serta berbagai alat musik tradisional yang sudah punah untuk dilestarikan kembali.

“Kami akan terus bekerja sama dengan para pemerhati budaya untuk mengangkat kembali seni budaya maupun alat musik serta olahraga tradisional yang sudah punah untuk dilestarikan kembali.” Pungkas Moch Agung Adati.

*/kifly koto

Artikulli paraprakFrenly Welson Assa Dilantik Sebagai Komandan Resimen Mahasiswa Batalyon 173 Unklab
Artikulli tjetërSinkronisasi RTRW, Komisi I Deprov Sulut Kunjungi BNPP RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.