Beranda Berita Utama Petani Gula Aren Moyag Butuh Sentuhan Pemerintah untuk Tingkatkan Hasil Produksi

Petani Gula Aren Moyag Butuh Sentuhan Pemerintah untuk Tingkatkan Hasil Produksi

251
0
Petani Gula Aren Moyag Butuh Sentuhan Pemerintah untuk Tingkatkan Hasil Produksi
Petani Gula Aren

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Desa Moyag Induk Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, terkenal dengan produksi Gula Arennya.

Pemasaran Gula Aren Desa Moyag Induk ini, sudah dilakukan hingga luar Daerah Kota Kotamobagu, yakni di wilayah Bolmong Raya, Manado dan sekitarnya.

Petani Gula Aren pun ingin meingkatkan hasil produksi setiap harinya. Namun mereka (Petani) sedikit terkedala dengan kekurangan peralatan pendukung.

Ula Mamangkay, satu diatara petani Gula Aren, mengatakan, peralatan penunjang seperti Kapak dan Parang sebagai alat untuk memotong Aren paling cepat rusak karena sering digunakan.

“Kalau petani aren, paling cepat rusak adalah kapak dan parang,” katanya.

Mamangkey mengungkapkan, tahun 2017 lalu ada bantuan dari Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu kepada petani Gula Aren, namun bantuan itu menurutnya tidak tepat sasaran.

“Tahun lalu ada bantuan dari Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Instansi terkait. Tapi bukan kami petani Gula Aren yang menerima,”akunya.

Dirinya berharap, kiranya Pemerintah dapat memberikan bantuan berupa peralatan penunjang, terutama Kapak, Parang atau juga mesin pemotong kayu ukuran kecil serta perlengkapan untuk memask Gula Aren.

“Jika ada bantuan kepada petani Gula Aren. Baiknya langsung kepada kami selaku petani gula aren,” idamnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Muljadi Suratinoyo, mengatakan, petani yang butuh bantuan pemerintah bisa memasukan proposal.

“Jadi, petani membentuk kelompok, dan membuat proposal sesuai kebutuhannya. Proposal itu dimasukan ke Dinas,” singkat Muljadi.

kifly koto

Artikulli paraprakLaunching Jargon CHM Gelegarkan Hari Sumpah Pemudah
Artikulli tjetërPerpustakaan Kelurahan Mogolaing Peringkat III se – Sulut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.