Beranda Berita Utama Pengadilan Agama Mulai “Action” di Bolmut

Pengadilan Agama Mulai “Action” di Bolmut

318
0
Pengadilan Agama Mulai
Kantor Pengadilan Agama Boroko

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Sejak diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia ( MA RI ), Prof DR H. M Hatta Ali, SH MH, secara simbolis di Melonguane, Senin (22/10/2018) lalu, kini Pengadilan Agama (PA) Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai action.

Pengadilan Agama Boroko diresmikan bersama dengan 85 Lembaga peradilan lain yang terdiri dari 20 Pengadilan Negeri (PN), 30 Pengadilan Agama (PA) dan 2 Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) oleh Ketua Mahkamah Agung.

Dengan menggunakan Nomenklatur “Pengadilan Agama Boroko”, Lembaga ini berkantor dan menempati gedung Kantor Camat lama di Bolangitang Barat.

Adanya kehadiran PA di wilayah Bolmut maka kebutuhan masyarakat dalam pengurusan dalam hal perdata Islam akan terlayani tanpa harus ke Kotamobagu.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang Panitera Pengadilan Agama Boroko, Iswan, ketika media kotamobaguonline, Rabu (31/10/2018) menyambangi Kantor Pengadilan Agama Boroko yang terletak di Bolangitang Barat, sebelumnya bangunan ini adalah Kantor Camat yang lama.

“Jadi dengan hadirnya Pengadilan Agama ini, sangat membantu masyarakat dalam hal pelayanan terhadap urusan perdata Islam, Jadi Pengadilan Agama itu tidak sekedar memutus perkara Cerai, namun juga menangani soal perkara perdata Islam seperti, izin dispensasi nikah, izin poligami, Perdata warisan, bahkan soal sengketa dalam hal ekonomi Syariah” Jelas Iswan.

Terlihat aktifitas kesibukan beberapa Pegawai PA ini walau dengan serba keterbatasan soal fasilitas namun mereka akan tetap bekerja melayani.

ridwan lasamano

Artikulli paraprakPemkot dan DPRD Sahkan RanPerda RPJP 2005-2025 Jadi Perda
Artikulli tjetërWawali Imbau ASN Kotamobagu Tingkatkan Pelayanan untuk Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.