Beranda Berita Utama Masih 6 Parpol Belum Cairkan Dana Banpol

Masih 6 Parpol Belum Cairkan Dana Banpol

208
0
Masih 6 Parpol Belum Cairkan Dana Banpol
Djek Damopolii

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) siap mencairkan Dana Bantuan Politik (Banpol) bagi Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong.
Sejumlah Parpol yang akan menerima Banpol tersebut diantaranya, PDIP, PAN, Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, PKB dan Nasdem.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Djek Damopolii menuturkan, dari Delapan Parpol yang memiliki kursi di DPRD Bolmong, baru PKS dan Nasdem yang telah menerima bantuan tersebut.

“Kedua partai ini sudah menerima banpol tersebut. Nasdem menerima dana Banpol sebesar Rp20 juta dan PKS sekitar Rp30-an juta. Itu berdasarkan penghitungan suara pada Pileg 2014 lalu dan dikalikan Rp3.815 per satu suara,” ungkap Djek.

Lanjutnya, untuk parpol lain, yang sudah siap dicairkan yakni PDIP, PAN, Demokrat dan PKB. Sementara, untuk partai Gerindra belum memasukkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), dan partai Golkar sementara diperiksa Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait pengelolaan bantuan pada tahun sebelumnya.

“Empat partai tersebut sementara mempersiapkan berkas pencairan karena sudah memasukkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK. Untuk Gerindra sejauh ini belum memasukkan LPJ di Kesbangpol. Nah, Golkar tinggal menunggu hasil pemeriksaan dari BPK dan segera diproses ketahap pencairan,” jelas Damopolii.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Fico Mokodompit membenarkan hal itu, menurutnya PKS dan Nasdem sudah menerima bantuan dari pemkab tersebut.

“Untuk PKS dan Nasdem sudah dicairkan. Sedangkan yang menjadi dasar untuk pencairan Banpol harus memasukan LPJ dan LHP dari BPK, serta proses pencairan tetap dijalankan sesuai pengajuan dari parpol,” tukasnya.

jumrin potabuga

Artikulli paraprakInspektorat Bolmong Segera Periksa Pengelolaan Dana BOS
Artikulli tjetërWakili Gubernur, Asisten I Buka Rakor Kependudukan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.