Beranda Berita Utama Kadis Kominfo Kotamobagu Jadi Pemateri Bimtek Pegelolaan Keuangan Desa Bolmong

Kadis Kominfo Kotamobagu Jadi Pemateri Bimtek Pegelolaan Keuangan Desa Bolmong

265
0
Kadis Kominfo Kotamobagu Jadi Pemateri Bimtek Pegelolaan Keuangan Desa Bolmong
Kadis Kominfo, Ahmad Yani Umar saat menyampaikan materi

Kotamobaguonlie.com, KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, jadi pemateri dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuanga Desa Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pemberdayaa Masyarakat Desa (PMD) yang bekerjasama degan Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK).

Bimtek dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, selama dua hari sejak Rabu 10 Oktober hingga Kamis 11 Oktober 2018.

Kadis Kominfo Ahmad Yani Umar mengatakan, sebelumnya dirinya berbincang-bincang dengan Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, terkait kegiatan tersebut. Dan dirinya diminta oleh Dinas PMD Bolmong untuk menyediakan waktu megisi materi.

“Saya mau mengisi materi ini, sebab saya mempunyai Sertifikat sebagai instruktur yang ditanda tangai langsung oleh Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa,” imbuh Ahmad Yani Umar, Kamis (11/10/2018).

Materi yang disampaikan kata Yani, terkait denga sinkronisasi dokumen perecanaan anggaran untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Yang dijelaskan tadi, bagaimana proses penyusunan RPJMDes yang berdurasi enam tahun sesuai dengan jabatan Kepala Desa. Kemudian penyusunan RKPDes yang diambil dari lampiran lima RPJMDes yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dan RKPDes itu adalah dasar sebagai penyusunan APBDes,” jelasnya.

Yani juga mengatakan, ada beberapa Desa di Bolmong yang sementara melakukan penyesuaian atau merevisi dokumen perencanaan pembangunan untuk mensinkronisasikan dengan visi – misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih kemarin tahun 2017.

“Mau tidak mau PMD harus turun sampai pada proses penyusunan dokumen anggaran di desa,” ujar dia lagi.

Dia menambahkan, Kepala Desa sebagai Pemegang Kekuasaa Pengelola Keuanga Desa (PKPKD) harus banyak berkoordinasi, sehigga upaya-upaya ini dapat menutupi kesalahan-kesalahan atau dapat memperbaiki dokumen-dokumen yang sudah terseusun.

Peserta Bimtek adalah seluruh Kepala Desa dan Bendahara Desa se – Bolmong.

kifly koto

Artikulli paraprakFahri Damopolii Sampaika Materi saat Rakor Bersama Pemeritah Desa/Kelurahan
Artikulli tjetërPajak Daerah Potensi PAD Terbesar di Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.