Beranda Advertorial Bupati dan Wabup Bolmut Dinobatkan Sebagai “Kidoni Kiombu Pangulu”

Bupati dan Wabup Bolmut Dinobatkan Sebagai “Kidoni Kiombu Pangulu”

204
0

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa (16/10/2018, secara adat dinobatkan sebagai “Ki doni ombu Pangulu” dan “Kidoni ombu apango Pangulu Lipu Bulaango Mongonu Taara”.

Acara adat yang dilaksanakan di Komalig (Istana) Kerajaan Kaidipang besar ini adalah gelaran adat yang merupakan warisan luhur dari kerajaan Kaidipang Besar pada saat penobatan Raja dikala itu.

Sebelum dinobatkan sebagai Kiombu Pangulu atau Pemimpin Negeri, mereka menjalani prosesi Tabongo atau basuhan untuk menghindarkan pemimpin dan negeri dari bahaya dan bencana.

Bupati dan Wabup Bolmut Dinobatkan Sebagai "Kidoni Kiombu Pangulu"
Penobatan Bupati sebagai Kidoni Kiombu Pangulu

“Udungia miiko mololoko kunako dineita nia kudipasu pasua kudilanilanita, Pogulea doa kidoni Kiombu Pangulu, haanga nia kudi nyaa nyaata, kumopasu moboli mo timbingo, kumolanito moboli mo hongoho”

Sekelumit kalimat dalam prosesi monabongo ini bermakna tentang permintaan dan doa agar Pemimpin, negeri dan rakyat dijauhkan dari segala marabahaya dan bencana.

Dengan diiringi bunyi gong pusaka kerajaan sebanyak 12 kali, Bupati dan Wakil Bupati telah resmi menjadi Pemimpin tertinggi adat di Kabupaten Bolmut.

Bupati dan Wabup Bolmut Dinobatkan Sebagai "Kidoni Kiombu Pangulu"
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, saat menyampaikan sambutan

Acara penobatan adat ini juga dirangkaikan dengan prosesi “Mopoguli Makuta” atau peletakan mahkota di atas kepala, kemudian prosesi “Molulugu Keleso” atau penyerahan keris pusaka kerajaan, “Molulugu Sungguru” atau penyerahan tongkat pusaka kerajaan dan “Molulugu Boneha” atau penyerahan Pataka kerajan Kaidipang Besar terhadap Pemimpin yang baru dinobatkan.

Semua prosesi yang dijalani diatas merupakan simbol legitimasi akan penyerahan kekuasaan untuk memimpin negeri dan rakyat Bolmut.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan terima kasih pada kehadiran Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Utara yang menghadiri prosesi adat ini.

kotamobaguonline.com
Gubernur Olly Dondokambey, saat dianugerahi gelar Kidoni Kiombu

“Kami sampaikan terima kasih kepada pak Gubernur dan Wakil Gubernur beserta rombongan yang telah bersama-sama dengan kami rakyat Bolmut pada hari ini, kami berharap kehadiran ini memberi nilai lebih pada kami masyarakat Bolmut” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan sekelumit tentang prosesi adat penobatan gelar adat ini.

“Perlu kami sampaikan bahwa Bolaang Mongondow Utara dalam praktek peradatannya merupakan warisan adat dari dua eks kerajaan yaitu Kaidipang besar dan Bintauna, maka prosesi adat ini dilaksanakan dalam adat di daerah Bolmut ini” ujar Pontoh.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD di Bolmut, para pimpinan forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para Camat, Sangadi, aparat Desa, pemangku adat, masyarakat dan para undangan.

advertorial

Artikulli paraprakBupati dan Wakil Bupati Bolmut Disumpah Dengan “Udiudi”
Artikulli tjetërPemprov Sulut bersama KADIN Dukung KPK Cegah Korupsi Sektor Swasta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.