Beranda Berita Utama Bawaslu Bolmut Gelar Sidang Mediasi

Bawaslu Bolmut Gelar Sidang Mediasi

200
0

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Senin (01/10/2018), menggelar Sidang Mediasi Sengketa Pemilu.

Ketua Bawaslu Bolmut, Irianto Pontoh SPd yang memimpin langsung sidang ini dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa Sidang ini merupakan tindaklanjut dari laporan beberapa Partai Politik (Parpol).

“Berdasarkan pengajuan dari pihak Pemohon beberapa waktu lalu yang mana ada beberapa Caleg yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berdasarkan Putusan Nomor 53 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmut” Ujarnya

Sementara itu salah satu Pemohon dari Partai demokrat Bolmut, Rahman Dontili dalam permohonannya menyampaikan agar Bawaslu memutuskan hal ini dengan adil berdasarkan Regulasi.

“Memohon kepada Bawaslu dalam Mediasi ini agar memutuskan dengan adil terhadap permohonan ini dengan membatalkan Keputusan KPU Bolmut nomor 53 tentang DCT” Pinta Rahman Dontili.

Sementara itu Ketua KPU, Lukman Daimasiki yang merupakan pihak termohon dalam penjelasannya mengatakan bahwa dalam penetapan DCT, KPU mengacu pada berkas yang dimasukkan Caleg dan berdasarkan regulasi.

“Kami hanya melaksanakan aturan, maka caleg yang belum lengkap berkasnya tak bisa kami loloskan di Daftar Calon Tetap (DCT)” tegas Lukman.

Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa Sidang berakhir dengan sebuah kesepakatan yang tertuang dalam Berita Acara (BA) kesepakatan hari ini akan ada titik temu memasukkan kembali DCT ke KPU.

“Jadi untuk hari ini, baru pada tahapan putusan kesepakatan, dan khusus untuk Caleg Partai Demokrat, kami masih menunggu proses adjudikasi dari Caleg yang bersangkutan, dan ini akan diputuskan selanjutnya dalam rentang waktu 12 hari dihitung dari hari ini” Terang Pontoh.

ridwan lasamano

Artikulli paraprakWabup Minta Jangan Ada Akun Penebar Kebencian di Medsos Bolmut
Artikulli tjetërWali Kota Tatong Bara Irup Hari Kesaktian Pancasila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.