Beranda Berita Utama Dispertanak Kotamobagu Periksa Hewan Qurban di Keluraha/Desa

Dispertanak Kotamobagu Periksa Hewan Qurban di Keluraha/Desa

212
1
Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu Periksa Hewan Qurban di Keluraha/Desa
Abdul Manap Pudul

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Jelang Hari Raya Qurban, Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Kotamobagu, akan melakukan pemeriksaan Hewan Qurban di Desa/Kelurahan wilayah Kota Kotamobagu.

Disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Abdul Manap Pudul, pihaknya sudah menerima surat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terkait petunjuk dan aturan pengawasan dan pemotogan Hewan Qurban.

Surat tersebut menjadi dasar Dispertanak Kota Kotamobagu melakukan pantauan di setiap penampunagn hewan termasuk pasar hewan.

“Tim pemeriksa Hewan Qurban sudah dibentuk, beranggotakan 7 orang plus 1 Dokter Hewan. Kita akan periksa, mendata sekaligus memantau kebutuhan menjelang Hari Raya Qurban nanti,” ujar Manap.

Kata manap, syarat dan kriteria Hewan Qurban, tubuh hewan harus sehat dan bersih. Tidak boleh ada yang cacat seperti penyait kulit dan lainnya.

“Ini juga mempengaruhi harga hewan sampai naik, sebab hewan qurban dipilih berdasarkan kriteria dan kesenangan orang yang ingin berqurban sesuai dengan syarat yang dimaksut,” bebernya.

Manap menuturkan, sebelumnya pihanya sudah melakukan pemeriksaan di pasar hewan dan lima tempat penampungan hewan di Kotamobagu.

“Satu dua hari ini, kita akan turun di desa/kelurahan untuk mendata terlebih dahulu, karena itu akan disampaikan kepusat,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga memperingatkan para peternak kambing, sebab hewan kambing rentan terkena penyakit.

“Biasanya kambing yang sering muncul, penyakit seperti cacing mata. Kalau sudah buta, tidak bisa lagi diqurbankan. Jadi, kita menyiapkan obat dan harus ditangani semua hewan ternak agar mencegah kebutaan”. pungkasnya.

kifly koto

Artikulli paraprakTerkait Isu Deklarasi Ganti Presiden 2019, Ini Tanggapan Ketua MUI Kotamobagu
Artikulli tjetërIni Kata Wali Kota Tatong Bara Terkait Kesejahteraan Tenaga Medis

1 KOMENTAR

  1. Ane mau beli qurban tapi dicicil, boleh ga sih? Kata artikel ini sih bisahttps://blog.kredivo.com/tabungan-belum-cukup-gunakan-cara-ini-supaya-bisa-berkurban/Pengen tau kebenarannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.