Beranda Berita Utama Dinangoi Makanan Favorit Khas Bolaang Mongondow yang ada di Kotamobagu

Dinangoi Makanan Favorit Khas Bolaang Mongondow yang ada di Kotamobagu

448
0
Dinangoi Makanan Favorit Khas Bolaang Mongondow yang ada di Kotamobagh
Dinangoi

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Setiap daerah memiliki sajian kuliner yang merupakan ciri khas daerah.

Dinangoi salah satunya makanan khas Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang juga menjadi salah satu icon makanan tradisional.

Dinangoi yang berbahan dasar sagu, gula aren, kelapa parut dan garam, cara membuatnya pun cukup sederhana layaknya mendadar telur. Sagu yang sudah dibersihkan dimasukan kedalam wajan penggorengan kecil kemudian ditaburi dengan gula dan dipanaskan diatas api selama satu menit hingga gula arennya mencair. Agar dinangoi tersebut masak secara merata, apinya diatur tidak terlalu besar. Rasanya pun sangat gurih.

Biasanya Dinangoi inidimakan disaat pagi atau sore hari dan saat santai bersama keluarga ataupun teman.

Ada juga dinangoi yang disantap dengan nasi akan tetapi dinagoi disujikan tidak menggunakan gula aren melainkan sagu sebagai bahan dasar dicampur dengan garam dan kelapa parut namun caranya memasak sama.

Sayangnya makanan khas Bolaang Mongondow ini sulit didapat karena tidak semua tempat jual makanan menyediakan makanan khas tersebut.

Salah satu tempat yang masih menyediakan Dinangoi ialah Cafe Angkringan yang terletak di Kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Timur.

“Perhari bisa menjual sebanyak 20, paling sedikit 10 biji. Kalau yang pakai gula merah cocoknya dimakan sambil minum kopi saat pagi dan sore,” ujar Hadija Montol (33) pemilik Cafe Angkringan.

Selain tersedia makanan seperti bubur manado, pisang cokelat, pisang goreng dan mie kuah juga tersedia Dinangoi yang menjadi menu andalan yang sangat digemari warga di Kota Kotamobagu.

Selain menjadi makanan favorit warga bagi Bolaang Mongondow pada umumnya, tak jarang Dinangoi ini kefap dipesan warga untuk disantap bersama keluarganya dirumah.

kifly koto

Artikulli paraprakPemkab Bolmut Grlar Resepsi Kenegaraan
Artikulli tjetërPeluang Usaha Ternak Bebek Peterlur Masih Menjanjikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.