Beranda Berita Utama Pasca MoU Pemkot Kotamobagu dengan BI, Tiga Poktan Nenas Terus Diberi Pelatihan

Pasca MoU Pemkot Kotamobagu dengan BI, Tiga Poktan Nenas Terus Diberi Pelatihan

357
0
Pasca MoU Pemkot Kotamobagu dengan BI, Tiga Poktan Nenas Terus Diberi Pelatihan
Muljadi Suratinoyo

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Pasca ditandatangani Memorandum of Understandin (MoU) anta Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang dilakukan oleh Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara, bersama pihak Bank Indonesia (BI) dibidang peningkatan komoditi Nenas unggulan Kotamobagu, pihak Konsultan BI terus memberikan pelatihan pembudidayaan Nenas kepada tiga Kelompok Tani (Poktan) Nenas Kelurahan Mongkonai Bersatu.

Kepada awak media, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Muljadi Suratinoyo, mengatakan, kerjasama antara Pemkot Kotamobagu dan BI tersebut saat ini sudah jalan dengan dilakukannya sosialisasi hingga pelatihan pembudidayaannya.

“Tiga kelompok tani yakni kelompok tani nenas Nomontang, Amaliotung dan Maju Bersama sudah mendapatkan pelatihan dari Konsultan BI,” ujar Muljadi saat ditemui diruang kerjanya, Senin (30/07/2018).

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah diberikan pelatihan tata cara pembudidayaan nenas, teknologi budidaya di daerah konservasi untuk tanah miring, hingga pada penggunaan teknologi pasca penen, baru pihak BI akan menyerahkan bantuan alat-alat pengolahan hasil.

“Setelah pelatihan, BI akan menyerahkan alat pengolahan pasca panen, mulai dari pengolahan nenas sampai pada pengolahan produk turunannya. Apakah akan dibuat selei nenas, keripik, jus dan lainnya. BI juga akan bantu hingga pada pemasarannya,” ujar Muljadi lagi seraya mengatakan bantuan ini seperti yang diberikan BI kepada poktan Kopi Organik yang berada di Desa Bilalang I, muali dari alat pengeringan hingga pengepakan diberikan BI.

Diketahui Varitas Nenas yang akan dikelolah adalah Nenas Mas Kotamobagu yang ditanam di wilayah perkebunan Kelurahan Mongkonai.

(kifly koto)

Artikulli paraprakDisperdagkop-UKM Kotamobagu Siapkan Aplikasi Informasi Pasar
Artikulli tjetërRevolusi Industri 4.0 dan Dunia Pendidikan Kita

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.