Beranda Berita Utama Diskominfo Bolmong Akan Perkenalkan Aplikasi siMAYA

Diskominfo Bolmong Akan Perkenalkan Aplikasi siMAYA

414
0
Diskominfo Bolmong Akan Meperkenalkan Aplikasi siMAYA
Diskominfo Bolmong Bimtek Aplikasi siMAYA

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Untuk mencapai penyelenggaraan administrasi perkantoran yang maksimal di daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Aplikasi siMAYA di Pusat TIK, Kementerian Kominfo, Jawa Barat.

Sekretaris Diskominfo Bolmong, Jenli Mongilong, menjelaskan, bahwa aplikasi SiMAYA merupakan suatu sistem yang dapat menunjang tugas-tugas manajemen.

“Ini merupakan pengembangan Aplikasi Perkantoran diberi nama siMAYA yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan cuma-cuma,” ungkap Jenli saat menghadiri Bimtek tersebut.

Lanjutnya, Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Saya berharap Aplikasi siMAYA bisa ini diimplementasi di daerah Bolmong,” harapnya.

Diketahui, implementasi siMAYA sendiri dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu metode cloud computing dan metode non cloud computing. Metode cloud computing dapat dimanfaatkan oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah yang tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk merawat infrastruktur dan tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan infrastruktur tempat siMAYA akan di install.

Metode non cloud computing dapat dipilih oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah yang infrastrukturnya sudah stabil dan mempunyai SDM yang kompeten untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur dan aplikasi.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakDua Desa di Bolmong Dapat Bantuan Program Embung Desa Dari Kemendes PDTT
Artikulli tjetërPerusahaan Wajib Miliki Peraturan Perusahaan dan PKB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.