Beranda Berita Utama Awal Agustus BKPP Bolmong Laksanakan Uji Kesesuaian 28 JPT

Awal Agustus BKPP Bolmong Laksanakan Uji Kesesuaian 28 JPT

218
0
Awal Agustus BKPP Bolmong Laksanakan Uji Kesesuaian 28 JPT
Aldy Pudul, Sekretaris BKPP Bolmong

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pememrintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalu Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) segera melakukan Term Of Reference atau uji kesesuaian (Job Fit) bagi 28 Jabatan Tinggi Pratama (JPT).

Hal itu dilakukan BKPP dikarenakan 28 jabatan tersebut masih dihuni oleh Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) sementara yang dilantik pada pelantikan perdana kabinet kerja Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yann Ronny Tuuk pada bulan Januari lalu.

Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan birokrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta pelayanan publik yang prima, maka Pemkab harus melakukan Job fit.

Dikatakan, Sekretaris BKPP, Aldi Pudul, sebelum dilakukan seleksi atau lelang jabatan, maka terlebih dulu dilaksanakan Job fit awal Agustus mendatang.

“Awal bulan sudah pasti kita laksanakan Job fit bagi 28 jabatan tersebut,” ungkap Aldi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/07/2018).

Ia menjelaskan, Job fit merupakan jalan tengah untuk memastikan tugas dan upaya penguatan kinerja organisasi, dan menata kelola organisasi pemerintahan menjadi semakin profesional, serta dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga sebagaimana yang dijelaskan UU Nomor 5 Tahun 2014 yang tertuang dalam pasal 68 ayat (2) bahwa, pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu ditentukan berdasarkan perbandingan objektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki oleh pegawai. Sebab, uji kesesuain merupakan bentuk penerapan sistim merit dalam manjemen ASN.

“Tidak mungkin dilakukan langsung rotasi atau mutasi tanpa melalui suatu proses apalagi Undang-Undang ASN telah mengamanatkan untuk uji kesesuaian, dan seleksi terbuka bagi JPT pratama ini wajib dilakukan,” jelasnya.

Menurutnya, kemungkinan pada Kamis (26/07/2018) surat rekomendasi uji kesesuain dari Komisi ASN pemerintah pusat sudah ada. Jika surat rekomendasi telah sampai, maka langsung dilakukan tahapan Job fit terhadap 28 jabatan.

“Job fit ini untuk mendapat jabatan kosong. Setelah selesai job fit. Maka jabatan kosong tersebut akan dilelang atau seleksi. Kemungkinan untuk lelang jabatan akan dilakukan pada APBD-P sekitar akhir tahun ini,” tuturnya.

(jumrin potabuga)

Berikut Daftar Instansi yang akan mengikuti uji kesesuaian (Job fit) :

  1. Satpol-PP
  2. Inspektorat
  3. Dinas Ketahanan Pangan
  4. Dinas Pertanian
  5. Disdukcapil
  6. Dinas Perikanan
  7. Dinas Sosial
  8. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)
  9. DPP-KB
  10. Dinas Pendidikan
  11. Dinas PPA
  12. Diskominfo
  13. DPM-PTSP
  14. BPBD
  15. Dinas KUK-Menengah
  16. Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja
  17. Dinas Lingkungan Hidup
  18. BKD
  19. Asisten Adismitrasi Pemda Sekdakab Bolmong
  20. Dinas Perkebunan
  21. Badan Kesbangpol
  22. Asisten Adimistrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat
  23. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Masyarakat
  24. Dinas PUTR
  25. Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan
  26. Dispora
  27. BKPP
  28. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Sumber: BKPP Bolmong

Artikulli paraprakPemkot Kotamobagu Pacu Pengerjaan MRBM
Artikulli tjetërPemkot Upayakan Lima Puskesmas di Kota Kotamobagu Terakreditasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.