Beranda Berita Utama Penjabat Wali Kota Buka Festival Lomba “Monuntul”

Penjabat Wali Kota Buka Festival Lomba “Monuntul”

279
0
Penjabat Wali Kota Buka Festival Lomba “Monuntul”
Penjabat Wali Kota, Muhammad Rudi Mokoginta, saat menyalakan obor sebagai tanda festival lomba monuntul telah dibuka

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta, resmi membuka pelaksanaan festival lomba Monuntul (malam pasang lampu) di Lapangan Aruman Jaya, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Monuntul sudah menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Kota Kotamobagu saat bulan ramadan dan dilombakan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu serta diikuti 33 Desa/Kelurahan.

Dalam sambutannya, Rudi menjelaskan, soal sejarah dilakukannya pemasangan lampu atau tradisi Monuntul, yang hingga kini sudah menjadi kebiasaan seluruh umat muslim yang ada di Bolmong Raya khususnya Kota Kotamobagu.

“Monuntul ini tidak masuk dalam ritual keagamaan, ini lebih kepada tradisi umat muslim Bolmong Raya khususnya Kota Kotamobagu, tiga hari menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri,” ujar Rudi.

Ia menambahkan, esensi sebenarnya dari pelaksanaan kegiatan ini bukanlah soal mencari siapa yang juara, namun lebih kepada bagaimana umat Islam menyemarakkan pelaksanaan bulan suci ramadhan 1439 Hijriah.

“Jadi bukan soal siapa yang terbaik, namun bagaimana kita menyemarakkan pelaksanaan bulan suci ramadhan di Kota Kotamobagu,” pungkas Walikota.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemukulan beduk dan pemasangan lampu serentak oleh Pjs Walikota, sebagai pertanda, bahwa Festival Tuntul di Kotamobagu resmi dibuka.

Diketahui, pelaksanaan lomba Monuntul hadiahnya dianggarkan melalui dana APBD. Kegiatan ini juga wajib diikuti oleh sseluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu.

(kifly koto)

Artikulli paraprakJelang Idul Fitri Harga Daging Sapi Merangkak Naik
Artikulli tjetërPemkot Kotamobagu Kembangkan Potensi Kopi Robusta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.