Beranda Advertorial Maksimalkan Pengawasan Pilkada, Panwas Gelar Rakor dengan Media

Maksimalkan Pengawasan Pilkada, Panwas Gelar Rakor dengan Media

332
0
Maksimalkan Pengawasan
Saat penyampaian materi

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Bertempat di sebuah rumah makan di Boroko, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Selasa (05/06/2018), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Bolmut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Media Cetak dan Online.

Ketua Panwaslu, Sarwo Edi Posangi, dalam sambutan membuka kegiatan tersebut menyampaikan, terima kasih kepada unsur media yang telah turut berpartisipasi dalam mengawal Pilkada.

Kegiatan yang mengangkat tema “Peran Media dalam rangka pengawasan kampanye pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bolmut 2018” ini mengusung sejumlah materi yang disampain oleh Panwas dan dari Unsur media yang diwakili oleh PWI.

Dalam Materi tentang pengawasan, yang disampaikan oleh Ketua Panwas Bolmut, menyampaikan bahwa dalam proses pengawasan, Media mempunyai peran penting dalam proses pengawasan, sehingganya Panwas harus melibatkan secara langsung Media dalam mengawal proses penting ini.

Maksimalkan Pengawasan Pilkada, Panwas Gelar Rakor dengan Media
Ketua Panwaslu, Sarwo Edi Posangi, saat menyampaikan sambutan

“Dasar hukum undang-undang penyiaran. Fungsi media telah diatur oleh regulasi Undang-undang nomor 40 Tahun 1999, fungsi media dalam lembaga, khusunya pelibatan Pers dalam pengawasan Pilkada. Media punya peran strategis mengawal proses berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Edi juga menyampaikan bahwa Peran penting media perihal info publik. Peran dalam Pemilihan dengan menyajikan info kepada publik sesuai tahapan, salah satunya adalah memastikan masyarakat terdaftar dan terlibat dalam proses Pilkada.

Edi juga menambahkan seputar informasi soal penanganan pelanggaran Pilkada yang telah ditangani oleh Panwas Bolmut.

Maksimalkan Pengawasan Pilkada, Panwas Gelar Rakor dengan Media
Salah satu wartawan saat menyampaikan pertanyaan

Sementara itu, materi tentang peran Media dalam mengawal demokrasi disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolmut, Satrin Lasama.

Ia menyampaikan, beberapa hal diantaranya bahwa pertemuan ini seharusnya dilakukan sejak awal dimulainya proses dan tahapan.

“Ketika terjadi penanganan pelanggaran, maka praktisnya akan membentuk Opini, dan seharusnya diluruskan ke publik lewat media massa” ujar Satrin Lasama.

Maksimalkan Pengawasan Pilkada, Panwas Gelar Rakor dengan Media
Suasana rakor

Pada sesi tanya jawab, Salah seorang wartawan dari Media Info BMR, Ramdan Buhang, menanyakan soal sikap PWI secara organisasi ketika terdapat Wartawan yang tersandung kasus pelanggaran kode etik dengan memihak ke salah satu calon.

Menanggapi hal ini, Ketua PWI menegaskan agar memperhatikan edaran Dewan Pers tentang Netralitas Wartawan dalam penyelenggaraan Pilkada maupun Pemilihan Umum.

Acara rakor yang dihadiri oleh seluruh Wartawan di Bolmut ini dirangkaikan dengan Buka Puasa bersama Panwas dan Media.

(advertorial)

Artikulli paraprakPemkot Kotamobagu bersama Bank Sulutgo Launching Aplikasi Kasda Online Versi Dua
Artikulli tjetërWagub: Bolmut inspirasi Torang Samua Ciptaan Tuhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.