Beranda Berita Utama Wali Kota Resmikan Data Center dan Command Center Diskominfo Kotamobagu

Wali Kota Resmikan Data Center dan Command Center Diskominfo Kotamobagu

228
0
Wali Kota Resmikan Data Center dan Command Center Diskominfo Kotamobagu
Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara, saat meresmikan Data Center

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Kamis (08/02/2018) meresmikan Data center dan Command Center serta melaunching e-Government Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Kotamobagu.

Peresmian digelar di Ball Room Hotel Sutan Raja Kotamobagu, yang dirangkaika dengan penyerahan Izin Usaha bagi 750 Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Kotamobagu.

Dalam sambutan Wali Kota mengatakan, Data Center yang ada di Kota Kotamobagu adalah Data Center yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Ini pertama di Sulut, sebab hanya di Kota Kotamobagu yang memiliki Data Center lengka dengan Command Center,” ujarnya.

Lanjut kata Wali Kota, Data Center dapat menjaga keselamatan data juga keselamatan masyarakat, karena bisa terpantau lewat CCTV.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar SE menjelaskan, pembangunan infrastruktur teknologi, informasi Data Ceter dan Command Center merupakan suatu upaya Pemkot Kotamobagu untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Pembangunan Data Center dan Command Center didasarkan pencapaian RPJMD Kota Kotamobagu tahun 2013-2018 untuk meningkatkan kwalitas dan fasilitas infrastruktur kota, mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan adanya teknologi ini maka sistem Pelayanan publik dan pemerintah yang berada di masing-masing Orgsnisasi Perangkat Daerah (OPD) akan terpusat dan terintegrasi di Diskominfo melalui data center,” jelas Yani.

Dia juga menjelaskan, demikian halnya teknologi Command Center yang berfungsi sebagai pusat informasi, kontrol dan pengawasan.

“Tekologi ini bisa megontrol dan mengawasi hal-hal yang terjadi khususnya di wilayah kota kotamobagu, contoh adanya CCTV yang telah dipasang di 5 titik untuk memantau arus lalulintas, dan bisa di akses oleh masyarakat melalui Hanpone Android,” imbuh Yani.

Meurutnya, pemanfaat teknologi dan komunikasi dalam proses pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah, maka tahun 2017 lalu Pemkot Kotamobagu telah menetapkan Peraturan Walikota (Perwa) nomor 36 tahun 2017 tentang penyeleggara pemerinta berbasis elektronik (e-Government).

“Kunci utama keberhasilan pelaksanaan pembangunan infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi serta penerapan e-Government disuatu daerah adalah keseriusan dan komitmen dari pimpinan daerah tersebut, dan ini telah dibuktikan oleh wali kota, dimana wali kota mampu mendobrak ego sektoral yang berada di masing-masing OPD yang terkesan sangat birokratis dan tradisional didalam menjalanakan system pemerintahan dan pelayanan publik yang ditransformasikan ke system digitalisasi,” tandasnya.

(kifly koto)

Artikulli paraprakBupati Depri Pntoh Tinjau Titik Bencana Longsor dan Banjir
Artikulli tjetërWali Kota Tatong Bara Serahkan Izin Usaha Bagi 750 Pelaku UMKM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.