Beranda Advertorial Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

306
0
Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan
Suasana Musrenbang

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Tahlis Galang SIP MM membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2019, di Kecamatan Lolak, Rabu (28/02/2018).

Musrenbang yang mengambil tema, Peningkatan Sarana Prasarana Layanan Dasar Dan Infrastruktur Perekonomian Berkala Perdesaan yang Berorientasi Pada Potensi Unggulan Lokal, itu berjalan baik.  Semua aspirasi masyarakat Kecamatan Lolak disampaikan langsung kepada seluruh kepala perangkat daerah yang hadir.

Tahlis mengatakan, pelaksanaan Musrenbang ini sangat penting, karena fungsinya sebagai forum untuk membahas hingga menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan, tentang rancangan RKPD yang menitikberatkan pada pembahasan untuk mensinkronisasikan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja-SKPD) antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa serta masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

“Aspirasi masyarakat yang telah disampaikan langsung ditindaklanjuti dan kalau program fisik harus dilakukan peninjauan lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Bolmong, Esra Panese menyampaikan, dalam Musrenbang sangat penting untuk mengusulkan program dan pembangunan disetiap desa. Menurutnya, Musrenbang berbasis E-Planning sangat baik untuk diterapkan.

“Sistem E-Planning tidak akan hilang. Karena usulan yang masuk telah masuk dalam sistem. Ini supaya tidak akan muncul pernyataan tiba saat tiba akal, dimana tidak diusulkan namun dilakukan,” katanya.

Lanjutnya, seperti masuk usulan di Desa Buntalo Selatan bahwa kekurangan guru, sehingga kebutuhan guru mendesak .

“Perlu adanya mutasi guru dari tempat yang padat guru ke daerah atau desa yang kekurangan guru. Sehingga ada pemerataan guru dalam pendidikan di wilayah yang kekurangan,” jelas Panese.

Sekda Bolmong Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

Terpisah, Camat Lolak, Dr Deyselin Wongkar SE Msi mengatakan, Musrenbang di Kecamatan Lolak, adalah jadwal terkahir pelaksanaan kegiatan Musrenbang di Bolmong.

“Ya, Musrenbang berjalan baik, namun tidak lepas dari menunjang program prioritas Pemkab Bolmong yakni, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan,”jelas Wongkar.

Lanjutnya, semua sudah rampung, baik dari program desa-desa, hingga ke kecamatan, dan nantinya diserahkan untuk pembahasan di tingkat Kabupaten.

“Intinya semua berfokus pada program prioritas Kabupaten,” tandasnya.

Sekedar diketahui, turut hadir Sekda Bolmong Tahlis Galang, Kapolsek Lolak AKP Suharno, Danramil Lolak, Camat Lolak, Kepala BNN Bolmong AKBP Yulis Setiawan, para Kepala Dinas, Sangadi setiap desa di kecamatan Lolak, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

(advertorial)

Artikulli paraprakLelang Aset Pemkab Bolmong Tahap I Selesai
Artikulli tjetërPemkot Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD 2019

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.