Beranda Berita Utama Kopi Sinondag Berpeluang di Pasar Intetnasional

Kopi Sinondag Berpeluang di Pasar Intetnasional

209
0
Kopi Sinodag Berpeluang di Pasar Intetnasional
Petani kopi. foto istimewah

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Kualitas kopi di Kotamobagu rupanya bisa bersaing dengan sejumlah daerah lain di Indonesia. Bahkan, salah satu produk kopi dari Desa Bilalang II yakni Kopi Sinondag saat ini tengah berpeluang menembus pasar internasional. Hal ini dikatakan oleh Sangadi (kepala desa.red) Bilalang II Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, Rismawati Goni.

“Saat ini, proses promosi kopi tersebut sudah sampai ke Negara Singapura. Mudah-mudahan ini adalah langkah awal yang baik, untuk memperkenalkan Kotamobagu hingga ke luar negeri lewat produk-produk sumber daya alam yang dimiliki, salah satunya adalah kopi,” ucap Rismawati.

Dirinya mengatakan, Kopi Sinondag tersebut sudah mulai beroperasi dan memproduksi pada 3 tahun silam.

“Saat ini kelompok pengelola kopi tersebut telah mendapatkan pendampingan langsung dari Pemkot Kotamobagu, dan juga pihak Bank Indonesia,” tambahnya.

Tidak hanya pendampingan, Rismawati juga mengatakan saat ini para kelompok pengelola kopi sinondag telah mendapatkan bantuan alat berupa mesin pengelola kopi.

“Dengan demikian, proses produknya sudah lebih teliti, sebab, tidak sembarang Kopi yang diproses oleh kelompok itu, karena ada juga kopi yang bukan asli, dan kopi yang akan dipasarkan harus kopi organik,” tuturnya.

Rismawati mengucapkan terima kasih ke Pemkot Kotamobagu dan pihak Bank Indonesia (BI) yang telah memberikan pendampingan dan bantuan ke masyarakat pengelola kopi di daerahnya.

“Tanpa adanya bantuan dari pemerintah dan pihak BI tentunya tidak akan berkembang seperti ini,” paparnya.

(**)

Artikulli paraprakWali Kota Tatong Bara Dapat 15 Traktor dari Kementan
Artikulli tjetërDekot Kotamobagu Gelar Paripurna Pembahasan Ranperda Inisiatif DPRD dan Usulan Legislatif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.