Beranda Berita Utama SD di Kotamobagu Terima Penghargaan Terbaik Adiwiyata se-Sulut

SD di Kotamobagu Terima Penghargaan Terbaik Adiwiyata se-Sulut

432
0
SD di Kotamobagu Terbaik Penerima Penghargaan Adiwiyata
Rudi Mokoginta, SE MTP, Asisten II Pemprov Sulut, menyerahkan Sertifikat dan Uang Pembinaan kepada Wali Kota dan Kepala Sekolah SDN 1 Poyowa Keceil

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mendapat peringkat pertama penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Penghargaan diberikan melalui empat kriteria penilaian yakni, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengembangan atau pengelolaan saranan pendukung sekolah.

Gubernur Olly Dondokambery SE, melalui Asisten II, Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Rudi Mokoginta SE MTP mengatakan, Adiwiyata merupakan program dari implementasi kebijakan pendidikan lingkungan hidup dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesenjangan masyarakat melalui warga sekolah yakni, guru, siswa, penjaga sekolah dan orang tua.

“Penghargaan diberikan kepada sekolah-sekolah yang berwawasan lingkungan dan dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup,” terang Mokoginta, Senin (22/01/2018).

Lanjut kata dia, Pada tahun 2017 terdapat 41 sekolah peserta yang ikut penilaian di Provinsi Sulut, dimana 41 peserta hanya 11 sekolah yang sesuai dengan kriteria dan mendapatkan penghargaan.

“Dari 11 sekolah tersebut terdapat 3 sekolah yang mendapat nilai tertinggi yaitu, SD Negeri 1 Poyowa Kecil Kota Kotamobagu mendapatkan Rengking 1, SD Katolik Santakarla Kota Tomohon Rengking II dan SD Negeri 2 Tomohon Rengking III,” sebut Mokoginta, seraya megatakan ketiga sekolah tersebut mendapatkan Sertifikat dan Uang Pembinaan.

Sementara itu Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara mengatakan, penghargaan seperti ini adalah penghargaan yang prestisius buat siapapun yang menerima, apalagi kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan pemerintah diatasnya. Ini merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa.

“Dalam kesempatan ini atas nama Pemkot Kotamobagu, saya menyampaikan banyak selamat kepada daerah/sekolah yang mendapatkan penghargaan,” ucap Tatong Bara.

Tatong menambahkan, Adiwiyata ini tidak asing bagi masyarakat Kota Kotamobagu, sebab Adiwiyata erat kaitannya dengan Adipura. Pembangunan karakter tentang sebuah kebersihan yang apapun itu, biasanya dari sekolah dasar. Dan ini diperbanyak terus menerus sekolah, agar dasar atau karakter dari anak didik kita untuk menyebarkan atau mempertahankan sebuah kebersihan menjadi mendasar dari dalam hatinya.

“Tahun lalu Sekolah Dasar di Kelurahan Kotamobagu, mendapatkan Adiwiyatan Mandiri tingkat Nasional. Dan untuk mendapatkan Adiwiyata Mandiri, satu kelurahan harus membina 10 sekolah,” jelas Tatong.

Ini merupaka penghargaan yang ke 50an, penghargaan baik Nasional maupun Provinsi yang diterima Kota Kotamobagu selama 5 Tahun.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Sulut, Asisten II Provinsi Sulut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulut. Terima kasih atas semua support yang diberikan dan muda-mudahan kegiatan seperti ini terus dipantau oleh Pemprov. Kami tidak melihat jumlah dari pemberian penghargaan, tapi banyak yang telah diberikan Pemprov termasuk pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” pungks Tatong.

Turut hadir dalam acara tersebut, Para Asisten lingkup Pemkot Kotamobagu, Seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lurah/Sangadi, dan Kepala Sekolah penerima penghargaan.

(kifly koto)

Berikut 11 Sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata:

  1. SD Negeri 1 Poyowa Kecil, Kota Kotamobagu
  2. SD Katolik Santakarla, Kota Tomohon
  3. SD Negeri 2 Tomohoh
  4. SD Katolik Stelamaris, Kota Tomohon
  5. SMA Negeri 3 Kotamobagu
  6. SMP Negeri 2 Damoa, Kabupaten Kepulauan Talaud
  7. SMA 1 Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara
  8. SMP Negeri 1 Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan
  9. SD Negeri 3 Mogolaing, Kota Kotamobagu
  10. SD Negeri 1 Molinow, Kota Kotamobagu
  11. SD Gemim Ranomea, Kabupaten Minahasa Selatan
Artikulli paraprakWarga Bolmong Diimbau Waspada Cuaca Extrim
Artikulli tjetërTB Resmikan Sejumlah Infrastruktur Program P3MD Bungko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.