Beranda Berita Utama Pemkot Kotamobagu Gelar FGD Penyusunan RKPD 2019

Pemkot Kotamobagu Gelar FGD Penyusunan RKPD 2019

331
0
Pemkot Kotamobagu Gelar FGD Penyusunan RKPD 2019
Suasana FGD di Ruang Raat Bappelitbangda Kotamobagu

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Kotamobagu, Senin (29/01/2018), menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunuan Rancangan Awal, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019.

FGD digelar di Ruang Rapat Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Jalan Kampus, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat. Dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Adnan Masinae SSos MSi dan dihadiri oleh seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kotamobagu.

Maksud dan Tujuan pelaksanaan FGD penyusunan RKPD adalah Merumuskan dan Menyepakati Permasalahan Pembangunan Daerah dalam Kerangka Ekonomi dan Pemilihan Sasaran serta Prioritas Pembangunan Daerah dan Program Prioritas Daerah.

Sekda dalam sambutannya mengatakan, FGD RKPD sangat penting karena menyangkut peralihan tahun antara tahun 2018 ke 2019.

“Proses perubahan RKPD maupun keberlanjutan program kegiatan tahun 2018 ke 2019 tentu sangat penting untuk dibahas pada kesempatan ini, karena menyangkut apa yang belum dilaksanakan pada tahun 2018 dan apa yang akan dilaksanakan di tahun 2019,” kata Sekda.

Lanjut Sekda, tahun 2019 akan banyak perubahan yang terjadi termasuk perubahan Visi dan Misi pimpinan.

“Otomatis misinya juga akan mengalami perubahan seiring dengan kemajuan daerah,” ujarnya.

Namun kata Sekda, prioritas pembangunan di tahun 2018 tetap mengacu pada RPJMD Kota Kotamobagu.

Di tahun 2018 ini seperti yang kita ketahui kita akan menghadapi hajatan nasional yaitu Pilwako, sehingga banyak konsentrasi kita nanti akan terbagi di tiap-tiap OPD.

“Sebab itu, mumpung kesempatan diawal tahun, kita harus cepat realisasikan kegiatan ini,” kata Sekda.

Sekda juga mengatakan, jika melihat kedudukan dan peran fungsi RKPD ini, sangat strategis dalam penganggaran pemerintah daerah yang memuat rancangan ekonomi dan prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dalam pendanaan untuk jangka satu tahun.

“Oleh sebab itu beberapa yang menjadi perhatian kita bersama adalah perumusan kerangka ekonomi dan keuangan daerah, sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta  perumusan program prioritas daerah yang kita diskusikan dalam FGD ini haru benar-benar didasarkan pada kondisi updating data dan informasi,” jelasnya.

Untuk mendukung hal ini tambah sekda, diharapkan semua OPD memberikan semua data dan informasi pembangunan serta memberikan masukan yang tepat dalam menyusun RKPD tahun 2019.

(kifly koto)

Artikulli paraprakAmin Lasena Resmi Nahkodai PDIP Bolmut
Artikulli tjetërSekda Optimis Kotamobagu Raih WTP yang ke-5 Kali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.