Beranda Berita Utama Komisi l DPRD Bolmut Gelar Hearing Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana BUMDES

Komisi l DPRD Bolmut Gelar Hearing Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana BUMDES

325
0
Komisi l DPRD Bolmut Gelar Hearing Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana BUMDES
Suasan hearing

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kemarin (22/01/2018), menggelar hearing (dengar pendapat) terhadap Kepala Desa (Sangadi) Bohabak III terkait dugaan penyalahgunaan dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tahun 2016.

Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Aktrida Datunsolang, mengatakan bahwa dari hasil hearing tersebut, ada beberapa catatan yang akan direkomendasikan ke pihak eksekutif dalam hal ini Bupati, untuk memberikan teguran kepada Sangadi Bohabak III.

Pihaknya juga akan merekomendasikan ke Dinas Pemerdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMD) untuk melaksanakan pendampingan terhadap BUMDES yang ada di setiap desa.

“Kami juga meminta kepada pihak Inspektorat, dapat turun ke desa-desa untuk memeriksa pelaksanaan BUMDES,” kata Aktrida.

Dirinya juga menambahkan, hal ini bisa menjadi catatan dan pengalaman bagi seluruh Sangadi, agar kedepan lebih selektif dalam pengawasan Bumdes, serta perencanaannya harus lebih maksimal.

“Dari 107 Desa yang ada saat ini, hanya dua desa yang menjalankan Bumdes dengan baik. Kami juga meminta kapada semua Sangadi, agar harus transparan dalam penggunaan Dana Desa,” tegas Aktrida.

Di sisi lain, kepala DPMD Bolmut Fadly Usup, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan menjalankan rekomendasi yang diberikan DPRD.

“Kami akan segera menindaklanjuti beberapa catatan dari DPRD. Diminta juga kepada para Sangadi, agar dalam pengelolaan Bumdes melalui dana desa harus lebih baik lagi,” pinta Usup.

(ridwan lasamano)

Artikulli paraprakPesan Bupati di Ultah Desa Dengi
Artikulli tjetërPilkada Bolmut, Polres Terjunkan 2 SSP Sabhara dan 1 SSK Brimob

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.