Beranda Berita Utama Wali Kota Beber Penyebab Banjir di Kampung Baru

Wali Kota Beber Penyebab Banjir di Kampung Baru

189
0
Walikota Ungkapkan Penyebab Terjadinya Banjir di Kampung Baru
Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara, saat meninjau sungai di Kampung Baru yang meluap beberapa hari lalu. foto istimewah

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Senin, (13/11/2017), meninjau langsung sejumlah lokasi terkena dampak banjir yang melanda Kampung Baru, Kelurahan Kotamobagu, Jumat (10/11/2017) lalu. Pada peninjauan tersebut, Wali Kota menyaksikan penyebab terjadinya banjir.

Sejak kejadian banjir kemarin, Kata Wali Kota, dirinya telah membuat pemetaan masaalah Dan setelah melakukan survei selama dua hari mulai dari Kelurahan Kotobangon, Sinindian sampai Kampung Baru, dia mengungkapkan ada beberapa titik krusial yang menyebabkan terjadinya banjir.

“Salah satunya adalah tidak ada talud di kiri dan kanan sungai, yang kedua banyak masyarakat yang sudah menggunakan badan sungai untuk pondasi dan lain sebagainya,” ungkap Wali Kota.

Untuk mengatasi kembali terjadinya banjir, kata Wali Kota, dirinya telah menganggarkan untuk pembuatan talud.

“Sejak semalam kami suda merasionalisasi anggaran dan alhamdulillah khusus Kampung Baru, telah dianggarkan 3 miliar untuk pembuatan talud sepanjang 700 meter,” sebutnya.

“Melihat kondisi kemarin dengan posisi debit air yang sangat tinggi yang merupakan puncaknya, sehingga kita bisa mengira-ngira merencanakan dan memformatnya, sehingga dapatlah anggaran sebesar 3 miliar,”

Dirinya juga mengatakan, saat ini Kota Kotamobagu sudah masuk pada pembahasan anggaran 2018, untuk itu perencanaannya akan segera diselesaikan.

“Proyek ini kita akan masukan dalam lelang pada bulan Desember. Impelementatif kalo bisa, Januari-Februari tahun depan,” ujar Wali Kota.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang ada di pinggiran sungai, untuk mengambil jarak 5 meter dari sungai.

“Saya menghimbau kepada masyarakat kalau mau stop banjir harus mundur 5 meter dari bibir sungai, sebab Itu normalnya,” imbuhnya.

(kifly koto)

Artikulli paraprakBesok Bupati Bolmong Sambut Kedatangan Menteri PUPR RI
Artikulli tjetërDPRD Boalemo Kunker ke Bolmut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.