Beranda Berita Utama Rapat Paripurna DPRD Bolmong Terkait Ranperda RPJMD

Rapat Paripurna DPRD Bolmong Terkait Ranperda RPJMD

172
0
Rapat Paripurna DPRD Bolmong Terkait Ranperda RPJMD
Bupati Yasti Mokoagow, saat sambutan pada rapat paripurna DPRD Bolmong terkait Ranperda RPJMD 2017-2022

Katamobaguonline.com, BOLMONG — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bersama Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jum’at (10/11/2017), menggelar rapat paripurna, dipimpin langsung Ketua Dekab Welty Komaling SE MM.

Rapat paripura tingkat 1, terkait penyapaian ranperda inisiatif Dewan tentang Bandan Permusyawaratan Desa dan pembicaraan tingkat 1 penyampaian Ranperda Tentang Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolmong tahun 2017-2022, serta pembicaraan tingkat II penetapan persetujuan atas Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan, menjadi Perda.

Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutannya menyampaikan, sistem serta penyelengaraan Pemerintah Daerah (Pemda), sangat didukung dan ditentukan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa sebagai bagian dari Pemdah dan sebagai bentuk perubahan bagi Pemda. Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, mengutamakan bahwa penyelengaraan pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik, efesien dan demokrasi, maka harus ada sesuatu yang berperan dab menyusun regulasi di desa.

“Berdasarkan ketentuan Pasal 1 Peraturan Mentri Dalam Negri (Mendagri) No 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang melaksanakan tugas dan berfungsinya sebagai pemerintahan, yang angotanya merupakan keterwakilan dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan saya dan ditetapkan secara demokratis,” ungkapnya.

Lajutnya, RPJMD Kabupaten Bolmong Tahun 2017-2022, merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembagunan daerah dan keuangan daerah serta progran perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif, untuk jangaka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembagunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembagunan Jangka Menengah Nasional.

“Untuk memperhatikan visi tersebut serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi dimasa yang akan datang, diharapkan Kabupaten Bolmong dapat lebih berperan aktif, dalam perubahan yang terjadi di lingkup regional, nasional maupun global,” ujarnya.

Sambungnya, Ranperda inisiatif DPRD tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan, saya anggap sangat tepat, untuk dijadikan sebagai pedoman serta dasar hukum bagi Pemkab Bolmong, dalam rangka melindungi kepentingan umun serta menjamin hak-hak konsumen untuk mendapatkan barang, sesuai dengan nilai tukan dan kondisi yang seharusnya.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Bolmong sangat mendukung dan menyetujui Ranperda Inisiatif DPRD tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan, untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda),” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya untuk Pemkab Bolmong terkhusus untuk Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Ya, terima kasih saya ucapkan kepada Bupati Bolmong, karena sudah mendukung dan menyetujui apa yang telah kami bahas dalam rapat patipurna ini,” ucap komaling.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Wakil Bupati Yanny Tuuk STh MM, Wakil Ketua Ir Kamran Muchtar, Wakil Ketua Hi Abdul Kadir Mangkat, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang, Asissten I, II, III, Forkopimda, camat dan sangadi.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakWabup Bolmut Irup Peringati Hari Pahlawan ke 72
Artikulli tjetërMulai Januari 2018, Perusahaan Wajib Gaji Karyawan Sesuai UMP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.