Beranda Berita Utama Masuk 10 Besar Kota Toleran se Indonesia, Ini Kata Wali Kota Kotamobagu

Masuk 10 Besar Kota Toleran se Indonesia, Ini Kata Wali Kota Kotamobagu

379
0
Masuk 10 Besar Kota Toleran se Indonesia, Ini Kata Wali Kota Kotamobagu
Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu (KK), dibawa kepempinan Ir Hj Tatong Bara, kembali menoreh prestasi yang sangat membanggakan. Dimana Kota Kotamobagu berhasil masuk dalam 10 besar Kota Toleran se Indonesia.

Hal tersebut diketuai ketika Setara Institute dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) mengeluarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2017 saat memperingati Hari Toleransis Nasional beberapa waktu lalu.

Dilansir dari www.viva.co.id, Peneliti Setara Institute, Halili, menyatakan sedikitnya terdapat 94 kota di Indonesia yang dikaji dengan melakukan pengindeksan dari hal isu promosi dan praktik toleransi. Pengukuran yang dilakukan Setara Institute ini menggunakan paradigma negative rights sesuai dengan karakter kebebasan sipil politik yang diukur secara negatif.

“Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan serta mengembangkan toleransi,” ujar Halili.

Sementara itu Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, mengatakan dirinya tidak perna menduga Kota Kotamobagu bisa masuk dalam 10 besar Kota Toleran se Indonesia.

“Saya tidak pernah menduga. Item-item apa yang dinilai saya tidak tau, tapi setelah saya mendaptkan informasi bahwa kita masuk 10 besar, tentu ini kompleks. Penilaiannya mulai dari regulasi penyelesaian kasus, tapi yang pertama ini merupakan surprise, kedua saya bersyukur karena daerah kita masuk 10 besar, yang ke tiga kita terus pelihara kondisi ini dan yang ke empat saya berterima aksih kepada masyarakat, karena degan diberikan anugerah ini, berarti Kota Kotamobagu kebersamaannya mampu dijalankan ditengah perbedaan, harmonisasi boleh tercipta kemudian bisa saling menghargai dalam perbedaan akhirnya kita dinobatkan seperti itu,” kata Wali Kota usai membuka turnamen Wali Kota Cup di Lapangan Nunuk, Kelurahan Matali, Senin (20/11/2017).

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang telah mampu mengartikan perbedaan untuk tidak dijadikan sebuah perdepatan tetapi hidup dan damai ditengah-tengah perbedaan ini,”

(kifly koto)

Berikut ini 10 kota di Indonesia, dengan skor tertinggi menurut Setara Institute dan UKP-PIP.

  1. Manado dengan skor 5,90
  2. Pematang Siantar dengan skor 5,90
  3. Salatiga dengan skor 5,90
  4. Singkawang dengan skor 5,90
  5. Tual dengan skor 5,90
  6. Binjai dengan skor 5,80
  7. Kotamobagu dengan skor 5,80
  8. Palu dengan skor 5,80
  9. Tebing Tinggi dengan skor 5,80
  10. Surakarta dengan skor 5,70

Sumber viva.co.id

Artikulli paraprakWali Kota Tinjau Kesiapan Kotamobagu Hadapi P1 Adipura
Artikulli tjetërTatong Bara Buka Open Turnamen Wali Kota Cup II

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.