Beranda Berita Utama Dishub Bolmong Bahas Andalalin Terminal Tipe A

Dishub Bolmong Bahas Andalalin Terminal Tipe A

299
0
Dishub Bolmong Bahas Andalalin Terminal Tipe A
Pembahasan Andalalin Terminal Tipe A di Lolak, Kabupaten Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (08/11/2017), menggelar rapat paparan pendahuluan perencanaan jasa konsultansi pembangunan Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) terminal Tipe A, bertempat di Hotel Kendis, Desa Lalow, Kecamatan Lolak.

Kepala Dishub Pemkab Bolmong, Jultje Tumanduk SE, menuturkan, pebahasan kali ini terkait besarnya Adalallin yang timbul akibat pembangunan terminal Tipe A, pada tahap prakonstruksi dan operasional, serta upaya dalam penanganan dampak yang ditimbulkan terhadap jaringan jalan yang ada disekitarnya.

“Latar belakang rencana pembangunan Terminal Tipe A, yakni membangkitkan lalulintas baru, dampak terhadap jaringan lalulintas, prediksi kondisi lalulintas, memberikan solusi terbaik untuk lalin,” ungkapnya.

Dipilihnya Desa Dulangon kata Jultje, karena Desa tersebut menjadi titik lelah ataw persinggahan para pengendara yang dari Manado ke Bolmut begitupun sebaliknya.

“Pembangunan terminal harus dilakukan karena menjadi salah satu fasilitas umum yang menunjang pergerakan manusia dan barang, dari satu tempat ke tempat lainnya,” bebernya.

Sementara itu Kabid Prasarana Zulfadhli Binol, menjelaskan pembangunan terminal harus mengambil beberapa sampel dan harus dijalan Nasional.

“Setelah lewat beberapa kajian, akhirnya dipilih Desa Dulangon untuk pembangunan terminal ini,” ujarnya.

Lanjut Binol, hasil dari analisis dampak lalulintas pada hari ini, akan dinilai dan dievaluasi oleh tim evaluasi yang dibentuk sesuai dengan hasilnya.

“Ini merupakan langkah awal, karena akan ada pembahasan tahap Dua dan Tiga. Selanjutnya akan langsung ke Kementerian Perhubungan RI untuk mempresentasikannya. Setiap mendirikan gedung atau bangunan harus ada ijin andalalin, karena ini ada dampaknya,” tuturnya.

Sekedar informasi, dalam rapat tersebut, dihadiri Tjuh tenaga ahli Andalalin, Asisten II Sonda Simbala, Kasat Polpp Imran Nantujdu, Unsur Polri dan TNI serta LSM.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakKPU Kotamobagu Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Penyelenggaraan Pilkada
Artikulli tjetërKPKNL Putuskan Tafsiran Harga Lelang Aset Pemkab Bolmong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.