Beranda Berita Utama Bupati Bolmut Hadiri Prosesi Adat Becean di Pangkusa

Bupati Bolmut Hadiri Prosesi Adat Becean di Pangkusa

261
0
Bupati Bolmut Hadiri Prosesi Adat Becean di Pangkusa
Bupati Bolmut Depri Pontoh, disambut sesepuh masyarakat adat Jawa, di Desa Pangkusa.

Kotamobaguonline.com, BOLMUT — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Drs Hi Depri Pontoh, Senin (06/11/2017), menghadiri prosesi Adat Jawa Becean, yang dilaksanakan di Desa Pangkusa, Kecamatan Sangkub.

Prosesi adat Becean adalah prosesi khitanan (Sunatan, red), masyarakat adat Jawa, yang rutin mereka laksanakan.

Di Kabupaten Bolmut, prosesi ini sering dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pangkusa, Desa Suka Makmur dan Desa Sidodadi, yang sebagian besar komunitas suku Jawa.

Bupati Drs Depri Pontoh, dalam sambutannya, menyampaikan, selamat kepada keluarga yang telah melaksanakan khitanan, ini merupakan proses awal dalam mendidik anak yang sudah memasuki usia akil baligh.

“Saya sudah akrab dengan budaya masyarakat Jawa, yang ada di Bolmut, sejak menjabat Camat Sangtombolang, beberapa tahun lalu, saya apresiasi kehadiran berbagai unsur masyarakat dalam acara ini yang menunjukkan terjalinya sebuah ikatan kekeluargaan di tengah-tengah keberagaman tradisi dan adat budaya,” ungkap Depri dengan julukan adatnya Kakai Pugupugu.

Bupati juga menegaskan bahwa semua masyarakat di Kabupaten Bolmut, memiliki hak dan kewajiban yang sama, perbedaan yang ada hendaknya disikapi sebagai sebuah karunia.

“Saya imbau agar prosesi adat ini terus dilaksanakan, dipertahankan dan dilestarikan. Semua budaya yang ada di Kabupaten Bolmut harus diangkat sebagai bagian dari kekayaan daerah, tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras, demi mewujudkan kemajuan bersama” imbaunya.

(ridwan lasamano)

 

Artikulli paraprakHasil Identifikasi Balon PPS Akui tak Masuk Parpol
Artikulli tjetërYasti Resmi Tutup Diklat PIM III

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.