Beranda Berita Utama Sekda Bolmut Irup Hari Santri Nasional

Sekda Bolmut Irup Hari Santri Nasional

358
0
Sekda Bolmut Irup Hari Santri Nasional
Upacara Hari Santri Nasional ke III di Kabupaten Bolmut.

Kotamobaguonline.com, BOLMUT — Dalam rangka memperingati hari santri Nasional, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama  (PCNU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (22/10/2017) pagi tadi, menggelar upacara bendera.

Kegiatan ini merupakan agenda nasional untuk Kabupaten Bolmut, dipusatkan di Pondok pesantren Al Khairaat Bolangitang Barat di Desa Jambusarang.
Bertindak sebagai inspektur Upacara, Sekda Bolmut DR Asripan Nani MSi, sekaligus membacakan sambutan ketua Umum PBNU.

Adapun kutipan sambutan tersebut yakni,  momentum Hari Santri hari ini, perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit “Nasionalisme bagian dari iman” (حب الوطن من الايمان), perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme.

“Islam dan ajarannya tidak bisa dilaksanakan tanpa tanah air. Mencintai agama mustahil tanpa berpijak di atas tanah air, karena itu Islam harus bersanding dengan paham kebangsaan,” kutip Asripan, dalam sambutannya.

Dikatakannya, hari santri juga harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral kesederhaan, asketisme, dan spiritualisme yang melekat sebagai karakter kaum santri.

“Etos ini penting di tengah merebaknya korupsi dan narkoba yang mengancam masa depan bangsa. Korupsi dan narkoba adalah turunan dari materialisme dan hedonisme, paham kebendaan yang mengagungkan uang dan kenikmatan semu,” ujarnya.

Dian menambahkan, singkatnya, santri harus siap mengemban amanah, yaitu amanah kalimatul haq. Berani mengatakan “iya” terhadap kebenaran walaupun semua orang mengatakan “tidak” dan sanggup menyatakan “tidak” pada kebatilan walaupun semua orang mengatakan “iya”.

“Itulah karakter dasar santri yang bumi, langit dan gunung tidak berani memikulnya, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzaab ayat 72,” papar Asripan Nani, yang juga Ketua Dewan Syuro PCNU Kabupaten Bolmut.

Diketahui, upacara hari santri inim turut dihadiri oleh Ketua Tanfiz PCNU Bolmong Utara, Supriadi Goma, Pimpinan Pesantren, Patra Kapiso, para pengurus Badan Otonom yang terdiri dari GP Ansor, Banser, IPNU-IPPNU dan Santri Pondok Pesantren Al Khairaat Jambusarang.

(ridwan lasamano)

 

Artikulli paraprakBupati Bolmong Hadiri Hari Santri Nasional ke III
Artikulli tjetërKasus Dugaan Terlantarkan Pasien RSUD Kotamobagu Berlanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.