Beranda Berita Utama Pemprov Sulut Respon Positif Pengembangan Destinasi Wisata Kotamobagu

Pemprov Sulut Respon Positif Pengembangan Destinasi Wisata Kotamobagu

268
0
Pemprov Sulut Respon Positif Pengembangan Destinasi Wisata Kotamobagu
Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kotamobagu, Agung Adati, saat menjelaskan potensi Wisata kepada Tim Dispar Pemprov Sulut.

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU — Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu, untuk mengembangkan destinasi pariwisata mulai mendapat perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini diketahui setelah, Kamis (12/10/2017), Tim dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, melakukan kunjungan (survei) ke lokasi Air Terjun Molipungan, Desa Wisata Kobo Kecil, Hutan Kota Kelurahan Mongkonai dan Air Terjun Boliagonan Desa Poyowa Besar.

Tim yang dipimpin oleh Jhon Paerunan SH, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kotamobagu Hi Moch Agung Adati ST MSi, di ruang kerjanya.

Kepada sejumlah wartawan, Agung Adati, menjelaskan bahwa kedatangan Tim dari provinsi ini terkait dengan tindaklanjut dari rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPT) Sulut.

Menurut Jhon Paerunan, Kota Kotamobagu, memiliki objek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Sementara ini ada tiga Destinasi yang telah masuk dalam KSPT yaitu Air Terjun Molipungan, Hutan Kota dan Air Terjun Boliagonan. Ketiga Destinasi tersebut menjadi prioritas untuk diusulkan masuk kedalam Riparprov Sulut yang nantinya akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Provinsi (Riparprov) Sulut.

“Sementara untuk destinasi lainnya akan masuk kedalam kawasan pengembangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya untuk pengembangan ketiga objek wisata tersebut ada beberapa bagian pekerjaan yang akan diintervensi melalui APBD Provinsi, tentu akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang tersedia. Untuk itu kunjungan Tim kali ini adalah untuk berkoordinasi dengan Disbudpar Kota Kotamobagu terkait bagian-bagian pekerjaan mana yang akan diusulkan melalui APBD Provinsi Tahun Anggaran 2018, terang Jhon.

Menanggapi pernyataan Jhon tersebut Agung mengatakan bahwa ada beberapa bagian pekerjaan yang nantinya akan diusulkan ke Pemprov Sulut, seperti pembangunan Tempat Parkir, MCK dan jalan menuju lokasi Destinasi Air Terjun Molipungan.

“Hanya saja kita memang masih terkendala soal pembebasan lahan yang saat ini sedang dalam proses pembebasan oleh Pemerintah Desa Kobo Kecil. Mudah-mudahan proses ini secepatnya diselesaikan oleh Pemerintah Desa Kobo Kecil, agar pembangunannya dapat berjalan lancar,” tutur Agung.

(**)

Artikulli paraprakNasdem Bolmong Resmi Daftar di KPU
Artikulli tjetërKopi Organik Poyowa Besar Jadi Produk Unggulan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.