Beranda Berita Utama Kadispora KK Akui Minimya Fasilitas Olahraga

Kadispora KK Akui Minimya Fasilitas Olahraga

400
0
Tonny Ponongoa Ama Pd, Kadispora KK. foto kifly koto/kotamobaguonline

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU — Meski perkembangan Olahraga di Kota Kotamobagu (KK), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2017, mengalami peningkatan. Namun sayangnya itu tidak didukung oleh infrastruktur berupa  minimnya fasilitas sarana olahraga yang memadai termasuk soal anggaran.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu, Tonny Ponongoa Ama-Pd, kepada sejumlah pewarta, Kamis kemarin, saat ditemui diruang kerjanya, mengatakan, Kota Kotamobagu, tidak akan mendapatkan atlit yang terbaik, karena tidak mempunyai fasilitas olahraga yang memadai.

“Kita tidak akan dapat atau melahirkan atlit yang terbaik. Contoh, kita mempunyai atlit yang potensi bagus, tapi karena fasilitasnya tidak ada, maka tidak akan pernah kita dapat. Tetapi jika infrastruktur ada, yang tidak gemar olahraga pun pasti akan menjadi atlit,” aku Tonny.

“Kita tidak mempunyai fasilitas yang memadai saja bisa memperoleh medali di ajang Porprov baru-baru ini, dan diperhitungkan oleh pihak Provinsi. Apalagi jika kita punya fasilitas.”

Dia juga mengatakan, sesungguhnya atlit Kota Kotamobagu yang berlaga di Porprov itu hanya autodidak, hanya kebijaksanaan dari para pelatih, tetapi masih bisa berkompetisi. “Bayangkan saja, jika kita punya fasilitas,” singkatnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah mempelajari dan memperbandingkan antara daerah kita dengan daerah lain, yang mendapat juara.

“Ternyata mereka bisa unggul karena memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti Manado, apa yang tidak ada di Manado, begitu juga Bitung dan Minahasa termasuk Tomohon,”tuturnya.

Dikatakannya, Kota Kotamobagu, telah memiliki atlit, tetapi masih kurang didukung dengan infrastruktur.

“Dari sisi pembinaan kita belum punya Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Olahraga modal semangat saja tidak cukup untuk bersaing, harus ditunjang oleh infrastruktur yang memadai dan anggaran yang cukup,” keluhnya.

Sekedar untuk diketahui, diajang Porprov ke IX yang digelar di Kabupaten Minahasa, beberapa waktu lalu Kota Kotamobagu, mendapatkan peringkat 5, dengan mendaptkan 4 emas, 13 Perak dan 21 Perunggu.

(kifly koto)

Artikulli paraprakTatong dan Nayodo Resmi Daftar di PDIP Sulut
Artikulli tjetërKPU KK Umumkan Media Mitra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.