Beranda Berita Utama Diduga Balai Sungai Sulut Abaikan Penanganan DAS Ongkag

Diduga Balai Sungai Sulut Abaikan Penanganan DAS Ongkag

397
0
Diduga Balai Sungai Sulut Abaikan Penanganan DAS Ongkag
Rudi Lahanduitan SH MH, Ketua Yayasan LBH Rudi Centre.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Menyusul telah terjadi abrasi sungai Ongkag, tepatnya di wilayah Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang mengancam pemukiman warga sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), namun pihak instansi terkait yakni, Balai Sungai Sulut, diduga melakukan pembiaran penanganan bahkan terkesan cuek bebek.

Tak pelak, Yayasan LBH Rudi Center, menyoroti situasi dan kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ongkag, yang berada di wilayah Dumoga yang sampai membuat warga masyarakat terancam bahaya akibat abrasi.

“Ini akibat adanya pembiaran dari pihak Balai Sungai Sulut. Tentunya adanya pembiaran ini instansi tersebut tidak menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Dan ini merupakan pelanggaran UU yang mengarak ke ancaman pidana,” kata Rudi Lahunduitan, Sabtu (28/10/2017).

Menurut Ketua YLBH Rudi Center ini, terkait penanganan DAS Ongkag Dumoga, ini sebenarnya sudah ada tim Koordinasi bentukan Kementrian PU, bahkan sudah ada peraturan menteri yang di keluarkan dalam penanganan DAS khusus untuk Dumoga dan Sangkub.

“Sangat jelas tidak jalannya koordinasi tim bentukan Kementrian PU. Ini sudah masuk dalam pidana umum bagi pihak balai akibat pembiaran penangganan yang bisa mengakibatkan ancaman kehidupan bagi warga,” bebernya.

Mengingat jangan nanti akan terjadi hal–hal yang tidak diinginkan bersama jika terjadi bencana bagi warga di sekitar aliran sungai tersebut. Barulah pihak instansi terkait mencari kesibukannya.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakKPU KK Segera Laksanakan Tes Tertulis PPK dan PPS
Artikulli tjetërSatria Center Gelar Refleksi Generasi Muda Lolayan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.