Beranda Berita Utama Dandes Tahap II di Boltim Terancam tak Dicairkan

Dandes Tahap II di Boltim Terancam tak Dicairkan

249
0
Dandes Tahap II di Boltim Terancam tak Dicairkan
Oscar Manoppo SE MM, Kepala BKD Pemkab Boltim.

Kotamobaguonline.com, BOLTIM — Dana Desa (Dandes) tahap dua untuk 80 Desa se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebesar Rp214.345.474.500, sudah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Boltim. Namun ke 80 Desa tersebut terancam tak dicairkan.

Sebagaimana disampaikan, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Oskar Manoppo SE MM, Selasa (24/10/2017), dandes tahap II untuk 80 desa, sudah masuk di RKUD.

“Namun bisa dicairkan kalau pemerintah desa telah memenuhi syarat. Sangadi (Kepala Desa, red), harus menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPj) tahap I harus dimasukan terlebih dahulu, selain itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) harus tuntas. Jika tidak sudah tentu Dandesnya tak bisa dicairkan,” jelas Manoppo.

Syarat tersebut mutlak harus dipenuhi oleh pemerintah desa, agar Dandes tahap Dua bisa dicairkan.

“SPj adalah mutlak sebab aturan dalam pengelolaan anggaran desa. PBB juga harus dipenuhi seperti kesepakatan sebelumnya yang disampaikan pihak pajak beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Dandes tahap I, bisa berdampak Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

“Kami tidak bisa memproses jika tidak memenuhi syarat. Jika berkasnya sudah lengkap, hari ini dimasukan esok sudah cair,” ujar Manoppo.

Sebelumnya, Bupati Pemkab Boltim, Sehan S Landjar SH, menegaskan, seluruh Kepala Desa, harus memaksimalkan pengelolaan Dandes dan tepat sasaran.

“Program harus jelas, mutu pekerjaan harus dijamin baik. Selain itu, pengelolaan harus maksimal agar anggaran yang tersedia tidak menjadi SILPA, masih banyak item pekerjaan namun waktu tidak lagi cukup, sehingga uang dalam Rekening Kas Desa (RKDes) tidak terpakai,” tutur Sehan Landjar.

(yoko setiawan)

Artikulli paraprakPenutupan Upacara Hari Santri Nasional ke III Tanpa OPD Boltim
Artikulli tjetërDKP Bolmut Siap Salurkan Kapal Tangkap Ikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.