Beranda Berita Utama Bolmong Tuan Rumah Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Sulut

Bolmong Tuan Rumah Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Sulut

466
0
Bolmong Tuan Rumah Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Sulut

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Peringatan Hari Santri, Minggu (22/10/2017) untuk tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Luthfi, Desa Lolanan, Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Ketua Yayasan Boraq Pondok Pesantren Al-Luthfi Lolanan, sekaligus penanggungjawab kegiatan, Ari Paputungan, mengatakan, berbagai kegiatan akan diawali dengan upacara akbar bertempat di Lapangan Olahraga Desa Maelang, yang akan diikuti sekitar 2.500 santri dan umat Islam.

“Upacara bendera pagi hari kemudian dilanjutkan kirab santri yang mengambil rute dari lapangan Maelang  menuju Pondok Pesantren Al-luthfi Lolanan, dengan jarak tempuh sekira 800 meter,” tutur Ari, Jumat (20/10/2017).

Adapun rangkaian kegiatan siang itu, akan dilanjutkan dengan tablig akbar atau zikir dan tausiah  di lapangan Pondok Pesantren Al-Luthfi Lolanan, juga ada pengukuhan gerakan tahfidzul Qur’an umat Ismal di bumi nyiur melambai, serta pencangan desa santri. “Sebelumnya, hari Sabtu (21/10/2017) besok malam, akan dilaksanakan zikir santri se-Sulut di Pondok Pesantren Al-Lutfi, dilanjutkan dengan pagelaran seni dan budaya oleh santri,” urainya.

Diketahui, kata Ari Paputungan, kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Forum Ukhuwah Antar Pondok Pesantren (FUAPP) Provinsi Sulut, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulut, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulut, pemerintah Kecamatan SangTombolang dan kepala desa se-Kecamatan Sang Tombolang.

Ari juga mengatakan, kegiatan tersebut didukung oleh tenaga ahli dan pendamping desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara (Bolmut).

Perlu diketahui juga kata Ari, nantinya pada pelaksanaan upacara bendera dan tablig akbar rencananya akan dihadiri para kiyai dan pengasuh pondok pesantren se-Sulut, Bupati Bolmong, Kepala Kanwil Kemenag Sulut, para Kepala Kemenag se-Bolmong Raya (BMR), camat dan Kades se-Bolmong, anggota GP Ansor se-Sulut, majelis taklim dan imam mesjid se-Bolmong, umat Islam se-Kecamatan Sang Tombolang, para kepala sekolah dan siswa SD, SMP, SMA sederajat se-Kecamatan Sang Tombolang.

“Peringatan Hari Santri tahun 2017 ini, mengusung tema wajah pesantren, wajah Indonesia,” tutur Ari.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakHindari TGR Pemkab Bolmut Terapkan Sistem Keuangan  Non Tunai
Artikulli tjetërTim Futsal Bolmong Hebat FC Menang 8-1 atas Jaya Sakti FC

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.