Beranda Berita Utama Sehan Landjar Ancam Pidanakan Kades Salah Gunakan Dandes

Sehan Landjar Ancam Pidanakan Kades Salah Gunakan Dandes

279
0
Sehan Landjar Ancam Pidanakan Kades Salah Gunakan Dandes
Sehan S Landjar SH, Bupati Kabupaten Boltim.

Kotamobaguonline.com, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur  (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sehan S Landjar SH, mengancam bakal mempidanakan Sangadi (Kepala Desa, red), terindikasi melakukan penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Jika saya dapati ada Sangadi, melakukan penyelewengan Dandes dan ADD, sanksinya akan pidanakan. Saya akan jebloskan ke penjara,” tegasnya.

Ia meminta agar seluruh Kades, agar jangan sama sekali menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi atau yang tidak sesuai dengan peruntukan.

Menuruntya, para sangadi juga harus membangun hubungan baik dengan pendamping desa, agar semua perencanaan kegiatan di desa berjalan baik dan terukur.

“Penggunaan dana desa harus transparan. Sangadi harus lakukan komunikasi dengan semua pihak terkait. Jangan ada Miskomunikasi. Apalagi ini berkaitan dengan anggaran. Ini sangat sensitive. Saya berharap jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi karena resiko sangat besar,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, koordinasi pemerintah desa dan Pemkab harus intens dilakukan. Jika ada kendala segera berkonsultasi. “Sangadi jangan malu bertanya ke Pemkab. Jika ada masalah segera dikonsultasi. Jangan ambil keputusan sepihak,”ujarnya.

Sementara itu,  Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pembinaan Desa DPMD Boltim, Fitra Damopolii, mengatakan dari monitoring di empat kecamatan di Boltim, rata-rata serapan Dana Desa baru sekitar 40 sampai 50 persen.

Untuk itu peran penting camat sangat dibutuhkan dalam melakukan pengawasan pengelolaan dana desa. Karena camat merupakan  bagian dari tim pengelola keuangan desa tingkat kabupaten.

“Peran camat tersebut juga sudah tertuang dalam Perbup,” ujarnya.

(yoko setiawan)

Artikulli paraprakPemkab Bolmong Gelar Shalat Idul Adha 1438 Hijriah di Desa Mopait
Artikulli tjetërAntisipasi Bencana Longsor Dua Rumah Warga Kotabunan Boltim Dievakuasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.