Beranda Berita Utama Ketua KPU RI Resmikan Tahapan dan Sosialisasi Pilkada Kotamobagu

Ketua KPU RI Resmikan Tahapan dan Sosialisasi Pilkada Kotamobagu

313
0
Ketua KPU RI Resmikan Tahapan dan Sosialisasi Pilkada Kotamobagu
Ketua KPU RI Arief Budiman, didampingi Ketua KPU Sulut Yessy Momongan, dan Walikota Tatong Bara, memukul Beduk tanda tahapan Pilkada Kotamobagu 2018 di mulai.

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, Sabtu (16/07/2017), meresmikan tahapan dan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kotamobagu, bertampat di halaman kantor KPU Kota Kotamobagu.

Sebagaimana dilaksanakannya peresmian ini, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2018.

Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan, dalam sambutannya, mengatakan, peresmian dan sosialisasi harus dilaksanakan, sebagaimana jadwal yang telah di tentukan.

“Dengan dilaksanakan peresmian dan sosialiasi, tahapan Pilkada Kota Kotamobagu 2018, secara otomatis semua rangkaian berkaitan dengan Pilkada telah kita mulai,” kata Nayodo.

Dikatakannya, sebagaimana jadwal Pilkada serentak, hari H untuk pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. “Dua minggu kemudian dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara hingga tanggal 9 Juli 2018 mendatang,” terangnya.

Ketua KPU RI, Arief Budiman, pada sambutannya, mengimbau kepada seluruh komisioner KPU yang akan melaksanakan pilkada 2018 di 171 daerah, agar dapat menjalankan tugasnya serta mampu menjaga integritas. “Penyelenggara Pilkada di daerah wajib hukumnya untuk bersikap adil, sehingga pelaksanaan pilkada benar-benar berintegritas serta berkualitas,” harapnya.

Dia mengatakan peserta Pilkada 2018, harus lebih elegan menggunakan berbagai isu untuk memenangkan kontestasi. “Masyarakat pemilih juga diimbau pandai memilah cara-cara yang digunakan kandidat untuk meraih kemenangan di daerah masing-masing,” ujarnya.

Seperti yang telah terjadi beberapa daerah kata Arief, biasanya pada pelaksanaan pilkada banyak isu yang dilontarkan. “Mulai isu ekonomi, isu SARA, isu Agama. Akan tetapi setelah KPU memutuskan hasilnya, semua menerima. Kami harapkan seperti,” ujarnya.

Dikatehui pilkada serentak pada tahun 2018 mendatang terdapat di 171 wilayah di Indonesia untuk memilih pemimpin daerah, dari 17 provinsi, 115 kabupaten serta 39 kota termasuk Kota Kotamobagu.

Peresmian tahapan dan sosialisasi Pilkada Kotamobagu 2018, turut dihadiri Walikota Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Sekda Adnan Masinae, Komisioner KPU Provinsi Sulut, KPU se Bolmong Raya, pimpinan partai politik, Panwaslu, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pemilih pemula dan kaum distabilitas.

(kifly koto)

Artikulli paraprakWarga Bolmong Diminta Suport Uyo-Nanu Bertarung di Pemilihan Nyong Noni Sulut 2017
Artikulli tjetërMajunya Ketua KPU Kotamobagu di Pilkada Ditanggapi Serius Ketua KPU RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.