Beranda Berita Utama Kadistanak Optimis Produksi Gabah Capai Target

Kadistanak Optimis Produksi Gabah Capai Target

267
0
Kadistanak Optimis Produksi Gabah Capai Target
Ir Hi Taufik Mokoginta MM

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ir Hi Taufik Mokoginta MM, optimis bahwa produksi gabah di daerah ini bisa mencapai target.

Pasalnya, masuk triwulan tiga 2017 ini, capaian produksi gabah kering di Kabupaten Bolmong, sudah mencapai 80 persen dari yang ditargetkan pada tahun ini sebesar 360 ribu ton gabah kering panen.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Distan) Bolmong Taufik Mokoginta, untuk hasil produksi gabah di Bolmong tidak diragukan lagi.

“Untuk tahun ini ada kenaikkan, jika tahun lalu hanya sekitar 340 ribu ton. Tahun ini, target kita sudah pada angka 360 ribu ton dengan capai hingga saat ini lebih dari 80 persen,” katanya.

Selain produksi gabah dari sawah milik petani yang sudah ada, target capaian ini juga terbantukan dengan adanya cetak sawah yang dilakukan pemerintah sebesar 40 ribu hektare (Ha).

“Program cetak sawah baru ini untuk menambah luas lawan pesawahan produktif bagi petani dalam rangka meningkatkan swasembada pangan. Kita optimis target ini bisa dicapai,” ujarnya.

Soal bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Bolmong beberapa waktu lalu, menurut Taufik tidak berpengaruh menurunkan produksi gabah.

“Kita sudah identifikasi seperti di Kecamatana Lolayan aman. Kita juga sudah turun ke wilayah Dumoga Raya. Jika padi baru tanam tentu tidak bisa diselamatkan, tapi yang di atas dua bulan masih bisa panen. Karena informasi, banjir kemarin hanya bersifat genangan, jadi semua tanaman pertanian termasuk gabah dan jagung taman,” tuturnya.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakAntisipasi Bencana Longsor Dua Rumah Warga Kotabunan Boltim Dievakuasi
Artikulli tjetërDPRD Bolmong Gelar Paripurna APBDP 2017

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.