Beranda Berita Utama BPBD Bolmong Rekrut 12 Tenaga Mitra TRC-PB

BPBD Bolmong Rekrut 12 Tenaga Mitra TRC-PB

287
0
BPBD Bolmong Rekrut 12 Tenaga Mitra TRC-PB
Latihan Mitra TRC-PB BPBD Pemkab Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terus meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan bantuan akibat terkena musibah bencana alam.

Kepala BPBD Bolmong Channy Wayong mengatakan, hari ini, Selasa (26/09/2017), pihaknya telah merekrut anggota mitra Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) sebanyak 12 tenaga untuk wilayah Kecamatan Sang Tombolang, Kabupaten Bolmong.

“Ya, ada 12 Desa di Kecematan Sang Tombolang dan kami merekrut 1 orang di masing-masing Desa. Nantinya mereka  menjadi agen kemanusiaan di Desa, dengan Koordinator sebagai personil TRC-PB di Kecamatan Sang Tombolang,” ungkap Channy Wayong.

Ditambahkan, mitra TRC ini akan dilatih, agar bisa memberikan informasi cepat jika terjadi bencana dimasing-masing wilayah.

“Sehingga laporan yang masuk ke Pusdalops melalui call center sudah valid datanya dan akan mempermudah pendistribusian bantuan maupun mobilisasi peralatan sesuai kebutuhan dilapangan,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk meningkatkan sumber saya anggota mitra TRC-PB, pihaknya memberikan pelatihan untuk pengintegrasian tugas mitra TRC dan Personil TRC BNPB atau BPBD, melalui simulasi water rescue (Penyelamatan korban di sungai dan laut) yang bekerjasama dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, POLAIR Bolmong dan Koramil Sang Tombolang.

“Sehingga ketika terjadi bencana atau musibah, para anggota mitra TRC sudah memiliki kemampuan dasar untuk penyelamatan atau mengevakuasi korban,” tambahnya.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakDPMD Bolmong Bentuk Timwas Dandes
Artikulli tjetërPemkot Kotamobagu Cabut Izin Gangguan (HO)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.