Beranda Berita Utama Angka Penyakit Rabies di Bolmong Tinggi

Angka Penyakit Rabies di Bolmong Tinggi

378
0
Angka Penyakit Rabies di Bolmong Tinggi

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Tak kurang dari 109 kasus penyakit rabies akibat kena gigitan anjing, sejak Juli 2017 ditemukan di wilayah Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Angka ini terbilang tinggi dan harus diseriusi, apalagi penyakit ini mudah menular dan mematikan.

Kepala Dinkes Pemkab Bolmong, Julin Papuling SKM ME, melalui  Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular, Penyakit Tidak Meluar dan Kesehatan Jiwa (PPM-PTM dan Kesua), Wiyono mengatakan, angka ini tergolong tinggi dan memang lagi trend saat ini.

“Alhamdullilah, semua sudah di tangani dan tidak ada yang fatal,” katanya, Senin (11/09/2017).

Di Bolmong saat ini  menurut Wiyono, ada tim gerak cepat penanganan rabies, berkolaborasi dengan Dinkes dan Dispertanak. Untuk itu kedua lembaga ini harus bekerja bersama. “Tak bisa hanya satu saja yang bekerja,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk pengobatan warga yang terkena virus ini masuk dalam program JKN dan DAK. Vaksin ini kewajiban puskesmas karena masuk layanan tahap satu. “Kalau di dinas bersifat stok. Bagi yang tak mampu, gratis. Tapi warga yang mampu harus beli sendiri. Vaksinnya itu seharga Rp 600 ribu,” katanya.

Wiyono mengimbau, warga yang digigit anjing rabies segera melapor ke puskesmas terdekat. Entah digigit anjing atau terkena liur manusia yang telah positif terkenak rabies. “Agar bisa segera ditangani, sebelum terlambat cepat-cepatlah berobat kalu sudah digigit,” tuturnya.

(jumrin potabuga) 

 

Artikulli paraprak1,5 Miliar Lebih Dana BOP PAUD Segera Cair
Artikulli tjetërBupati Boltim Perkuat Pembangunan Basis Pedesaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.