Beranda Berita Utama 365 KK di Bakan dan Tanoyan Utara Bolmong Kena Dampak Banjir Bandang

365 KK di Bakan dan Tanoyan Utara Bolmong Kena Dampak Banjir Bandang

340
0
365 KK di Bakan dan Tanoyan Utara Bolmong Kena Dampak Banjir Bandang
Nampak Sekda Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, sedang memantau lokasi banjir.

Kotamobaguonline.com BOLMONG – Tak kurang dari 365 Kepala Keluarga (KK) dan 1577 jiwa, di Desa Bakan dan Desa Tanoyan Utara terdampak banjir bandang.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Hj Channy Wayong ME, Senin (18/09/2017). “Ya, berdasarkan hasil assesment di dua desa tersebut, warga terdampak banjir di Desa Bakan  sebanyak 214 rumah 227 KK dan 956 jiwa. Kemudian, di Desa Tanoyan Utara 138 KK 621 jiwa,” beber Wayong. Menurutnya, kondisi saat ini dilokasi banjir sudah surut, tapi masih menyisakan lumpur dan sampah dihalaman pemukiman masyarakat. “Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait air bersih, mulai hari ini pukul 11.30 Wita, mobil tangki BPBD mulai melakukan dropping air bersih di Desa Tanoyan Utara dengan kapasitas tangki 5000 liter dan akan disesuaikan dengan kebutuhan warga, mengingat sumur milik warga di desa Tanoyan Utara saat ini masih tercemar luapan sungai,” jelasnya.

Dia menambahkan, sejak kejadian tersebut TRC-PB, BPBD Pemkab Bolmong, melakukan monev ke wilayah pasca banjir di Desa Bakan dan Desa Tanoyan Utara, Kecamatan Lolayan, yang mengalami dampak terparah luapan sungai.

Tim tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah Bolmong selaku Kepala BPBD Ex Officio, Tahlis Gallang SIP MM, bersama Kepala BPBD Bolmong, serta turut didampingi Kabid Penanganan Darurat dan Personil TRC.

Sementara di tempat berbeda lanjut Wayong, bencana tanah longsor terjadi di Desa Toruakat, selain mengakibatkan Ruas Jalan AKD jala  penghubung Kotamobagu–Doloduo terganggu.

“Longsor tersebut  menyebabkabkan satu unit rumah milik keluarga Eby Paat – Smolang satu Kepala Keluarga (KK) empat jiwa, mengalami rusak ringan dibagian dapur dan untuk menghindari longsoran susulan, keluarga terdampak saat ini sudah mengungsi dirumah kerabat sesuai arahan dari BPBD. Selain itu longsor juga mengancam satu unit rumah milik keluarga Sony Paat – Raupu satu KK empat jiwa yang saat ini masih memilih bertahan drumahnya,” tuturnya.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakPemkot Kotamobagu Salurkan Beasiswa Anak Asuh
Artikulli tjetërJelang Akhir Tahun Kerja 2017 BPR Prisma Dana Kotamobagu Siap Melayani Kredit Kepada Nasabah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.