Beranda Berita Utama Pemkab Bolmut Fasilitasi Pertemuan Warga dan Kades Langi

Pemkab Bolmut Fasilitasi Pertemuan Warga dan Kades Langi

274
0
Pemkab Bolmut Fasilitas Pertemuan Warga dan Kades Langi
Pertemuan antara Pemkab Bolmut bersama Warga dan Kades Langi.

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (02/08/2017), memfasilitasi pertemuan antara warga dan Sangadi (Kepala Desa, red) Desa Langi, Kecamatan Bolangitang Barat, berhasil berdamai.

Perdaiaman antara warga pendemo dengan Kepala Desa (Kades) Langi, Mohktar Masuara, melalui Forum Musyawarah, dipimpin langsung Bupati Bolmut, Drs Depri Pontoh, melalui staf ahlinya Drs Karin Lauma, didampingi Kadis BPMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Fadly Tajudin Usup, Camat Kaidipang Usman Djarumia S.Pd, Danramil dan Kapolsek Bolangitang Barat.

Hadir dalam forum musyawarah tersebut, sedikitnya 120 warga setempat, dimulai sejak pukul 10.00 wita. Jalannya pertemuan tersbut sedikit memanas dan semakin menajam dengan saling melemparkan kesalahan masa lalu tentang lemahnya sistem kepemerintahan desa sejak pilkades.

Namun suasana tersebut dapat diminimalisir, oleh utusan Bupati Bolmut, hingga kedua belah pihak mampu berdamai.

“Kepada seluruh peserta forum musyawarah desa yang terhormat, musyawarah ini untuk mufakat, tidak boleh anarkhis dan menang sendiri, apalagi saling salah menyalahkan yang tidak akan menyelesaikan masalah. Karena yang jadi permasalahan ini adalah teknis pengelolaan dana desa dan solusinya. Bukan seperti ini penyelesaiannya,” tegas Lauma.

Lauma pun, mengimbau kepada Pemerintah Desa Langi untuk mengikuti regulasi dalam pengelolaan keuangan desa. “Setiap perencanaan penyusunan anggaran desa dan pertanggungjawabannya wajib melibatkan perangkat desa, tokoh masyarakat desa dan pemuda, serta BPD,” imbaunya.

Diketahui, sebelumnya Senin kemarin, sejumlah warga Desa Langi, menggelar aksi demo, terkait tak trasparannya pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes), oleh pemerintah setempat.

Dan akhirnya Pemkab Bolmut, menindak lanjuti dengan pertemuan hingga menemui titik terang.

(ghandi goma)

Artikulli paraprakWarga Iyok Boltim Krisis Air Bersih
Artikulli tjetërLagi Pemkot Kotamobagu Raih Adipura

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.