Beranda Berita Utama Kades Langi Bolmut tak Transparan Kelola Dandes

Kades Langi Bolmut tak Transparan Kelola Dandes

288
0
Kades Langi Bolmut Didemo tak Transparan Kelola Dandes
Demo Warga Bolmut Tuntut Kades Langi Transparan soal Dandes.

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Buntut tak tansparannya pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) oleh Kepala Desa Langi, Kecamatan Bolangitan Barat (Bolbar), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Mohktar Masuara, membuat kekesalan sejumlah warga setempat.

Tak pelak, Senin (31/07/2017), sekira pukul 09.00, sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda Desa langi menggelar aksi demo, untuk menutut adanya transparansi dalam pengelolaan ADD dan Dandes.

“Sejak dilantiknya, pak Sangadi (Kades, red), dari tanggal 21 April 2016 hingga kini, baru satu kali lakukan rapat. Itupun dia baru dua hari dilantik. Namun kini tak pernah menggelar rapat umum desa. Terlebih membahas masalah ADD dan Dandes,” teriak Rafik Patiro, selaku koordinator lapangan aksi demo warga Desa Langi.

Diketahui, demo warga turun ke jalan ini dimuali dari perbatasan antara Desa Sonuo, jalan terus menuju perbatasan Desa Iyok. Dalam aksi turun kejalan tersebut Pendemo meminta agar kiranya masyarakat ataupun pemuda yg masih didalam rumah masing-masing, agar kiranya dapat ikut gabung bersama mereka seraya meneriakan tuntutan para pendemo. Selanjutnya sekitar pukul 09.30 para pendemo diagendakan menuju Kantor Desa Langi. setibanya di kantor desa langi, pendemo dihadang oleh aparat pemrintah desa langi (Kadus 3), kemudian atas tindakan penghadangan ini, akhirnya para pendemo) terpancing emosinya dan hampir terjadi perkelahian antara warga dengan aparat desa setempat. Setibanya di kantor desa ada salah seorang oknum pendemo karena emosinya melemparkan batu mengarah ke jendela kantor desa langi dan mengakibatkan pecah.

Atas kejadian tersebut situasi dilokasi kejadian masih dapat diredam oleh aparat Kepolisian yang sudah berada di Lokasi. Akhirnya pada sekitar pukul 10.00 wita Masyarakat diundang oleh aparat desa untuk masuk kedalam ruangan kantor desa guna untuk berdialogmasa pendomo pun menyampaikan inti dari aksi tersebut.

Asisten I Pemkab Bolmut, Drs Farirudin Gumohung MSc, ketika dikonfirmasi, mengatakan aksi warga tersbut akan ditindaklanjuti oleh Pemda. “Aksi berupa tuntutan warga setempat, akan diperhatikan pemerintah,” kata Gumohong.

(gandhi goma)

 

Artikulli paraprakTim Tatong Bara Ambil Formulir di PG Kotamobagu
Artikulli tjetërWabup Boltim Buka Workshop RAD-SDGs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.