Dinkes Bolmong Bersama Kemenkes RI Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kusta dan Frambusia

344 Viewed Eka Pratama 0 respond
Dinkes Bolmong Bersama Kemenkes RI Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kusta dan Frambusia
Sosialisasi Penanganan sert Pencegahan Penyakit Kusta dan Frambusia.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan kegiatan advokasi dan sosialisasi tentang penaganan intensifikasi kasus penyakit Kusta dan Frambusia, bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Dinkes Provinsi Sulut. Bertempat di ruang rapat lantai IIIKantor Bupati Bolmong, Senin (10/07/2017).

Bupati Bolmong, Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, dalam sambutanya, yang disampaikan Asisten ll, Ir Hi Sonda Simbala, mengatakan, pemkab sangat mendukung, serta memberikan apresiasi atas pelaksanaan advokasi dan sosialisasi intensifikasi ini, sebagai wujud kepedulian Pemerintah Pusat (PP) dan pemkab bolmong dalam menciptakan masyarakat yang sehat.

“Masyarakat Kabupaten Bolmong, sangat membutuhkan akses kesehatan, maka kami sebagai pemerintah pemkab sangat mendukung kegiatan advokasi dan sosialisai intensifikasi penaganan penyalit kusta dan Frambusia,” ungkapnya.

Lanjut Simbala, dampak yang akan ditimbulkan penyakit kusta dan frambusia sangat luas, terutama pada status sosial dan ekonomi. Karena dapat menyebabkan kecatatan selamanya, Sehingga berdampak pada, menurunya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Penyakit kusta dan frambusia sebagian besar disebabkan karena kurang cepatnya respon masyarakat, terhadap potensi kemunculan penyakit kusta di lingkungan mereka.

“Untuk itu, agar penyakit ini tidak menjadi masalah bagi masyarakat, kususnya yang ada di bolmong. Marilah kita sama-sama mengampanyekan dan mendukung mencegah penyakit ini agar Dinkes Bolmong dan Kemenkes Ri dapat mengobati pasien yang masih terkena penyakit kusta dan frambusia,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes yang juga sebagai Plt Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling melalui Kepala Seksi (Kasie) P2M PTM dan Kesua Wiyono SST menjelaskan, kegiatan  advokasi dan sosialisasi intensifikasi penemuan kusta dan frambusia akan direncanakan berlangsung selama dua hari.

“Bolmomg merupakan salah satu Kabupaten terpilih, Untuk penanganan penderita kusta dan frambusia. Sehinga intensifikasi ini akan dilakasanakan selama 2 hari dan ini sudah ada kesepakatan dengan Kemenkes RI,” tuturnya

Diketahui, yang turut hadir Kepala Seksi Kusta Subdit Penyakit Kronis Kemenkes RI Dr Tiara Pakasi MA, Kabid P2p Dinkes Provinsi Sulut Steaven Dandel MPH, Asisten ll Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sonda Simbala, Kepala RSDB, Seluruh Kapus se Bolmong, Camat serta Sangadi.

(jumrin potabuga)

 

Don't miss the stories follow KOTAMOBAGUONLINE.COM and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Wabup Hadiri Halal Bi Halal Di Kecamatan Bolaang

Wabup Hadiri Halal Bi Halal Di Kecamatan Bolaang

Menteri ESDM Heran Penertiban Pertambangan Tanpa Izin Pol PP Bolmong di Tahan

Menteri ESDM Heran Penertiban Pertambangan Tanpa Izin Pol PP Bolmong di Tahan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply