Beranda Berita Utama 5 Makanan Khas Mongondow Didokumenterkan

5 Makanan Khas Mongondow Didokumenterkan

486
0
5 Makanan Khas Mongondow Didokumenterkan
Dra Hj Ulfa Paputungan, Kepala Disparbud Pemkab Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Demi melestarikan Budaya Nasional. Balai Pelestarian Budaya Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melaksanakan syuting film dokumenter, tentang pelestarian makanan khas mongondow yang telah dilaksanakan, Sabtu (08/07/2017) pekan lalu, di Restouran D Telaga, jalan Bubak Kotamobagu.

Hal ini, sebagaimana yang dikatakan Kepala Disparbud Pemkab Bolmong, Dra Hj Ulfa Paputungan MM, Selasa (11/07/2017), dimana pembuatan film ini akan dibawa ke tingkat Nasional, sehingga makanan khas Bolmong bisa dikenal.

“Ya, pembuatan film ini akan dibawa ke tingkat nasional, untuk makanan khas bolmong masing-masing ada Sayur Gedi Rebus, Sayur Gedi Santan, Sayur Labu Santan, Sinandoi (Daging dalam bambu) dan Dinangoi atau (Kue dari tepung sagu),” kata Ulafa, Selasa siang tadi.

Dari sekian banyak makanan di bolmong kata Ulfa, hanya 5 makanan ini yang dibuatkan film dokumenter tersebut. “Hanya lima ini yang kami promosikan. Karena ini adalah makanan khas bolmong serta kegiatan ini sengaja dibuat untuk melestarikan budaya bolmong yang menjadi peninggalan leluhur, dan harus dikembangkan kembali,” tutur Ulfa Paputungan.

(jumrin potabuga)

 

Artikulli paraprakKomisi III DPRD Bolmong Sorot Kinerja Diknas
Artikulli tjetërSempat Tertunda, Launching BRT Dipastikan Akhir Juli

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.