Beranda Berita Utama Pengrajin Ijuk Desa Sia Bakal Dapat Pelatihan

Pengrajin Ijuk Desa Sia Bakal Dapat Pelatihan

324
0
Pengrajin Ijuk Desa Sia Bakal Dapat Pelatihan
Ilustrasi pengrajin ijuk (foto istimewah)

Kotamobaguonline.com, KOTAMOBAGUB – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu (KK), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (08/06/2017) mendatang, berencana akan mengadakan pelatihan bagi 20 Pengrajin Ijuk yang berada di Desa Sia, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu.

Pelatihan yang akan diadakan di Balai Desa Sia tersebut, menurut Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker), Fadlun Paputungan, Lebih kepada pengembangan prodak ijuk, yang nantinya ijuk ini bukan hanya dibuat sapu saja.

“20 pengrajin ijuk akan dilatih cara untuk mengembangkan produk tersebut, seperti pembuatan sikat sepatu dari ijuk, sapu untuk mobil dan masih banyak lagi, jadi bukan hanya terfokus pada sapu ijuk saja,” jelas Fadlun.

Pelatihan tersebut juga dikatakannya, akan menghadirkan langsung pelatih dari luar daerah. “Untuk pelati, kita libatkan 2 orang dari Kota Palu, Sulawesi tengah, mereka sudah diakui keahliannya dalam pengembangan ijuk,” tutu Fadlun, Senin (05/06/2017).

Dia mengungkapkan alasan dipilihnya Desa Sia sebgai lokasi pelatihan. “Sebab semua pengrajin ijuk berasal dari sana, Desa Sia pun terkenal dengan pengrajin ijuk, bahkan hasil produksinya sampai keluar daerah,” ungkap Fadlun.

Diapun berharap, dengan adanya pelatihan ini, para pengrajin ijuk bukan hanya bisa membuat sapu ijuk saja, tetapi hasil kerajinannya juga bisa bervariasi, “Ini juga akan menambah nilai ekonomi dari pengrajin ijuk sendiri, dengan begitu apa yang diharapkan oleh Pemkot, untuk meningkatkan kesejahteraan warganya Bisa terlaksana,” ujar Fadlun.

(Kifly Koto)

Artikulli paraprakMaterial Longsor Tutupi Badan Jalan AKD di Perkebunan Tumuyu
Artikulli tjetërDecky: Sengketa Konsumen Didominasi Perbankan dan Finance

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.