Beranda Berita Utama Banjir, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Landa Kota Kotamobagu

Banjir, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Landa Kota Kotamobagu

371
0
Banjir, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Landa Kota Kotamobagu
Tampak warga sedang mengevakuasi barangnya ditengah banjir

Kotambaguonline.com, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu (KK), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (03/06/2017), diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Akibatnya, beberapa wilayah diterjang banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu, banjir dan tanah longsor terjadi di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotmobgu Barat.

“Tanah longsor di RT 23, sedangkan banjir di RT 24 dan 25 yang menggenangi puluhan rumah warga. Ini dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi,” kata Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Gulimat Mokoginta.

Debit air, akibat dari luapan sungai yang melintas antara 30 sentimeter hingga satu meter. Warga yang rumahnya terendam banjir langsung mengevakuasi barang-barang mereka.

Sementara , akses jalan Gogagoman menuju Desa Passi, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), terputus akibat tanah longsor.

“Material longsor berupa batu dan tanah menutupi badan jalan, sehingga akses jalan terputus. Sejumlah alat berat sudah dikerahkan utuk membersihkan material longsor, yang dikerjakan oleh Dinas PU, BPBD dan TNI,” kata Gulimat.

Tidak hanya itu, hujan beserta angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di Jln D I Panjaitan, Kotobangon,  Kotamobagu Barat.

“Masyarakat Kota Kotamobagu dihimbau untuk tetap waspada dengan terjadinya bencana, sebab beberapa hari kedepan intensitas cura hujan cukup tinggi disertai angin kencang,” himbau Gulimat.

Setelah kejadian itu, Dinas Sosial Kota Kotamonagu langsung menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir. Bantuan yang diberikan berupa matras, terpal, selimut, family kit dan beras berasal dari Badan Ketahanan Pangan.

“Bantuan ini merupakan sedikit perhatian Pemkot kepada masyaraakat. Kita berharap apa yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban warga,” singkat Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kotamobagu, Muljadi Suratinoyo.

(Kifly Koto)

Artikulli paraprakJalan Desa Sinsingon Lumpuh Total
Artikulli tjetërMaterial Longsor Tutupi Badan Jalan AKD di Perkebunan Tumuyu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.