Beranda Berita Utama Tahun ini Pemkab Bolmong Usulkan Kartu KIA

Tahun ini Pemkab Bolmong Usulkan Kartu KIA

157
0
Pemkab Bolmong Usul KIA 2017
Drs Iswan Gonibala, Kepala Disdukcapil Pemkab Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), segera mengusulkan Kartu Indonesia Anak (KIA) pada tahun ini.

Pasalnya, di Sulut baru 2 daerah yang menerapkan KIA, yakni Kota Tomohon dan Kota Kotamobagu.

Kepala Disdukcapil Pemkab Bolmong, Drs Iswan Gonibala, Minggu (28/05/2017) mengatakan, pihaknya  telah mengusulkan KIA di tahun ini juga. “Ya, untuk KIA sudah kami usahakan tahun 2017 ini. Dan kami akan terus mengawal usulan pembuatan KIA di Bolmong. Tapi, Jika tidak tahun ini kemungkinan tahun depan,” ungkapnya.

Dikatakan Gonibala, keberadaan KIA, sebenarnya belum juga terlalu diwajibkan di Bolmong, mengingat masih banyak rumah tangga yang belum memiliki kartu keluarga dan e-KTP. “Untuk itu sifat kami lebih netral, secara tidak langsung KIA ini juga dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini yang paling mendesak adalah Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP. “Ya, artinya semua dokumen identitas penduduk itu penting. Saya harapkan juga, bagi masyarakat yang keluarganya meninggal dunia agar secepatnya mengurus akta kematian,” bebernya.

Terpisah, salah satu orang tua siswa dari Sekolah Dasar (SD) Ginsa Potabuga, warga Desa Tombolango, Kecamatan Lolak menyampaikan, pihaknya mendukung penuh tentang penerapan KIA di Kabupaten Bolmong. “Mudah-mudahan, ini akan secepatnya di perdayakan, agar anak-anak kami bisa memilik identitas sebagai warga Indonesia,” harapnya.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakYasti-Yanny Awali Safari Ramadhan di Desa Pangian Tengah
Artikulli tjetërYasti Tegaskan Kinerja ASN Bolmong Ditingkatkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.