Beranda Advertorial Gelegar Pembukaan Festival Pesona Batu Pinagut

Gelegar Pembukaan Festival Pesona Batu Pinagut

249
0
Gelegar Pembukaan Festival Pesona Batu Pinagut
Asisten II Setda Provinsi Sulut Moh Rudi Mokoginta, saat memukul gong sebagai tanda dibukanya Festival Pesona Batu Pinagut

Kotamobaguonline.com, BOLMUT – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  (Bolmut) memiliki banyak potensi wisata baik wisata bahari, seni dan budaya daerah. Bolmut merupakan daerah pesisir dengan panorama pantai serta laut yang indah sehingga sangat cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Potensi wisata lain yang terdapat di Kabupaten Bolmut adalah wisata budaya seperti peninggalan situs sejarah dan budaya masyarakat yang masih hidup dan berkembang  hingga saat ini. Tingginya potensi wisata tersebut menunjukan bahwa pengembangan potensi wisata yang ada di Bolmut mempunyai prospek yang memiliki potensi pendapatan devisa bagi keuangan negara secara nasional.

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten (Pekab) Bolmut menggelar Festival Pesona Batu Pinagut yang dibuka langsung oleh Asisten II Setda Povinsi Sulut Moh Rudi Mokoginta mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kamis (18/05/2017) dan dilaksanakan di Boroko, Kecamatan Kaidipang.

“Gubernur Sulut berharap, potensi wisata laut Batu Pinagut akan membawa manfaat buat masyarakat Bolmut dan menjadi awal pencanangan bahwa sumber kekayaan keindahan alam pesona Batu Pinagut dapat dijadikan andalan meraih devisa guna meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujar Mokoginta.

Sementara itu Bupati Bolmut, Depri Pontoh, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Sulut Irjenpol Drs Bambang Warsito beserta Nyonya Kapolda, “Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda meluangkan waktu untuk datang meninjau langsung perkembangan pembangunan infrastruktur Bolmut dengan mengendari motor gede (moge) mengilingi Kota Boroko dan sekitarnya,” ucap Bupati.

Kegiatan tersebut menampilkan Tarian Pugu-Pugu dengan gerak dan langkah menggambarkan sejarah awal mulanya sejarah Kaidipang Besar Radja 1 Pugu-Pugu datang menginjakan kakinya di Pelabuhan Boroko sebagai cikal bakalnya keturunan para radja di Bolmong Utara. Tarian itu telah mempesona seluruh tamu dan undangan dan ternyata Group Tari Sesengo ini telah merai juara pada pentas tari nasional.

Tidak hanya itu, Prestasi lainnya yang spektakuler berupa dua rekor dunia, yaitu digelarnya Bakar Tindala (dari bahan sagu dan daging ayam) sepanjang 2017 meter serta rekor dunia menyuguhkan 2017 gelas kopi mania (kopi jahe) kepada pengunjung. Dan langsung mendapatkan piagam dan penghargaan oleh Lembaga Prestasi Record Dunia  (LEPRID).

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 18/05/2017 sampai 20/05/2017, dan digelar konser artis nasional, lomba balap perahu hias, lomba volly pantai, lomba sepak takraw, lomba perahu katinting race, lomba photo, seminar pariwisata, festival permainan tradisional (pakiak, hurunga, lolakoa), pameran anggrek, grand final Pemilihan Boulo Yuyu.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Hendri Noviardi  dari Kementerian Pariwisata Kepala Bidang Wisata dan Kepulauan serta Pengembangan Pariwisata. Danlatamal VIII Manado Letkol Ali, SH, Kapolres Bolmong AKBP Faisol Wahyudi, SIK, Kajari Bolmong Utara Andi Suharlis, SH, MH, serta perwakilan daerah tetangga Provinsi Gorontalo.

(Gandhi Goma/Adv)

Artikulli paraprakPimpinan OPD Gelar Rakor Penyambutan Bupati dan Wakil Bupati Periode 2017-2022
Artikulli tjetërPemkot KK Dan BI Seriusi Pengembangan Kopi Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.