Beranda Berita Utama KIA di KK Bakal Ditertibkan

KIA di KK Bakal Ditertibkan

345
0
KIA di KK Bakal Ditertibkan
Kadis Capilduk Pemkot KK, Virgina Olii SE.

KOTAMOBAGU, KOC – Untuk menunjang program Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu (KK), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebagai Kota Layak Anak dan  menindak lanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot KK akan meluncurkan secara resmi penerbitan KIA.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil KK, Virginia Olii SE, kepada sejumlah wartawan, dalam waktu dekat ini, Pemkot melalui Disdukcapil akan menggelar launching kartu KIA.

“Insya Allah bulan ini. Kita tinggal menunggu jadwal dan kesempatan dari Walikota Ir Hj Tatong Bara,” ungkap Olii.

Dijelaskannya, KIA merupakan bukti diri anak yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan sistem informasi kependudukan.

“Pemegang KIA mulai dari anak berusia 0 tahun hingga 17 tahun. Kegunaan dari KIA sendiri selain untuk memudahkan pendataan, pemegangnya juga sudah bisa membuka rekening tabungan di Bank,” jelas Olii.

Dia juga menambahkan, sudah masuk dua pekan ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari pendataan hingga pelaksanaan teknis. “Pendataan kami lakukan di sekolah-sekolah. Printer dan blangko sebanyak 8000 telah kami siapkan, tinggal menunggu launching dan kita siap action” tambahnya.

Ia berterimakasih kepda Pemkot KK karena telah mensuport penerbitan kartu KIA lewat APBD 2017.

“Dari 514 Disdukcapil di Indonesia. Instansi kami, masuk ke urutan 109 yang telah mengeluarkan kartu KIA,” paparnya.

Sementara itu, Persyaratan utuk pengurusan KIA yakni, melampirkan kartu keluarga, akta kelahiran, golongan dara dan pas foto 2×3 1 lembar.

(kifly koto)

 

Artikulli paraprakPengawas Diknas Bolmong tak Dapat Tunjangan
Artikulli tjetërRp8 Miliar Dianggarkan Bagi Petugas Agama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.