Beranda Berita Utama BPBD Bolmong Gelar Sosialisasi HKBN

BPBD Bolmong Gelar Sosialisasi HKBN

273
0
BPBD Bolmong Gelar Sosialisasi HKBN
Ir Hj Channy Wayong ME, Kepala BPBD Pemkab Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (26/04/2017), menggelar sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), bertempat di Rahmadina Convention Hall Lolak, dengan tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiagaan Dalam Menghadapi Bencana”.

Diketahui kegiatan tersebut, di buka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Drs Ashari Sugeha, sekaligus sebagai narasumber, juga turut dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bolmong, Ir Hj Channy Wayong ME, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial serta Pejabat Eselon III lingkup BPBD Bolmong.

Kegiatan ini di hadiri oleh para peserta dari Desa-Desa Se Kecamatan Lolak yaitu Sangadi dan Perangkat Desa, selain sosialisasi menyangkut HKBN.

Peringatan HKBN, merupakan Program Pemerintah pusat dalam hal ini BNPB, sehingga gaungnya sampai di seluruh wilayah Indonesia, dan untuk Kabupaten Bolaang Mongondow, sebagai tahap awal baru dilaksanakan di Desa-Desa Se Kecamatan Sang Tombolang. “Mengingat wilayah tersebut pernah dilanda banjir bandang,” kata Channy Wayong Kepala BPBD Bolmong.

Dia menambahkan, kedepan, pelaksanaan ini akan dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten Bolaang Mongondow dan dipusatkan di Lolak.

Adapun maksud dari tujuan umum dan sasaran dari sosialisasi ini adalah :

Memperingati 10 Tahun disahkannya UU 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana

Promosi kegiatan Simulasi Nasional Kesiapsiagaan Bencana pada tanggal 26 April untuk di jadikan Simulasi Nasional Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan serentak.

Meningkatkan Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Nasional dalam menghadapi ancaman bencana. Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat serta pemangku kepentingan dalam menghadapi Risiko Bencana berdasarkan potensi bencana stetmpat. Meningkatkan partisipasi, dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah. Mengukur tingkat kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menghadapi ancaman bencana

HKBN Tahun 2017 ini mengusung tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana ” dengan Tagline “SIAP, UNTUK SELAMAT”.

“Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini baru pertama kali dilaksanakan, sehingga di imbau kepada masyarakat untuk tidak panik bila mendengar suara Sirene Bencana karena ini hanya merupakan Peringatan Bencana,” kata Wayong.

(jumrin potabuga).

 

 

 

Artikulli paraprakBupati Bolmong Diminta Larang SKPD TL
Artikulli tjetërWalikota Tatong Bara Buka Pencanangan BBGRM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.