Beranda Berita Utama KPHP Gelar Reboisasi Hutan di Bolmong

KPHP Gelar Reboisasi Hutan di Bolmong

482
0
KPHP Gelar Reboisasi Hutan di Bolmong
Satu diantara Kawasan Hutan Gundul di Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Wilayah IV Poigar Rico Lasut, Sabtu (03/03/2017), mendesak, reboisasi hutan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pasalnya, akibat penebangan hutan secara liar di Kabupaten Bolmong, harus diseriusi. “Kini hutan di Bulmong gundul,” singkatnya.

Hal ini kata Rico Lasut, sangat mengancam populasi hewan dan tanaman langka, dan perlu dilakukan reboisasi.

“Saat ini kami sedang melaksanakan penanaman kembali hutan-hutan gundul, dengan program Reboisasi Daerah Aliran Sungai (RD-DAS),” terangnya.

Ia menambahkan, ada sekira 600 hektar lahan yang bakal diremajakan dan dimanfaatkan kembali. Bibit tanaman yang ditanam yakni bibit cempaka, bibit durian dan bibit nantu. Menurut mantan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut ini, hal itu dilakukan sebagai upaya perbaikan kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong, alang-alang atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan.

“Ini juga mendorong pelestarian alam sehingga meminimalisir dampak dari bencana seperti tanah longsor, banjir, menjaga keseimbangan alam dan memulihkan kembali fungsi lahan atau hutan yang kritis,” katanya.

Terkait anggaran, Lasut menyebut, ada sharing dana dari dua perusahaan tambang. “Ini masuk dalam program strategis nasional,” tuturnya.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakYasti-Yanny Ajak Warga Bangun Daerah
Artikulli tjetërBaru 5 Media di BMR Terverifikasi Administrasi Dewan Pers

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.