Beranda Berita Utama Diskop UKM Bolmong Rumuskan Bunga Koperasi 2,5 Persen

Diskop UKM Bolmong Rumuskan Bunga Koperasi 2,5 Persen

325
0
Diskop UKM Bolmong Rumuskan Bunga Koperasi 2,5 Persen,
Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Pemkab Bolmong, Zainudin Paputungan SE MAP.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), mulai merumuskan aturan baru terkait bunga pinjaman koperasi.

Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Pemkab Bolmong, Zainudin Paputungan SE MAP, mengatakan, pihaknya telah merumuskan bunga bagi koperasi akan menyentuh angka 2,5 persen.

“Ya, kami sementara merumuskan bunganya tersebut. Tapi 2,5 persen bunga,” kata Paputungan.

Ditambahkannya, selain menyusun kembali jumlah bunga koperasi, saat ini pihaknya juga sementara mendata kembali jumlah koperasi di Bolmong. Berdasarkan data yang ada, terdaftar 370 kemudian yang aktif 150 koperasi. “Masih sementara mendata. Yang 150 koperasi itu pun tidak semuanya masih aktif. Ada yang organisasi ada, tapi orangnya sudah tidak ada. Ada kemungkinan lebih sedikit dari itu, makanya kami mendata kembali,” katanya.

Dirinya mengaku, serba salah dengan beredarnya koperasi ilegal yang memberlakukan bunga besar. Bahkan hingga 15 persen. Sebab bunga ini sesuai kesepakatan anggota koperasi. “Jadi kan itu kesepakatan bersama. Yang tidak setuju bisa tidak ikut. Mau kasih hukuman, tapi itu semua hasil kesepakatan. Jadi mau gimana lagi,” ujarnya.

Menurutnya, seharusnya koperasi itu hadir untuk membantu masyarakat. Tapi kalau masyarakat terdesak, bunga tinggi pun tetap mereka mau. “Biasanya mereka yang terdesak yang mau ikut koperasi ilegal. Tapi kami mengimbau agar supaya  tidak menyusahkan masyarakat,” katanya.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprak19 Tenaga Medis PTT Bolmong Jadi CPNS
Artikulli tjetërPemkab Bolmong Rencana Rekrut 205 Guru Honda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.