Beranda Berita Utama 2017 Dandes Bolmong Naik Capai Rp152 M

2017 Dandes Bolmong Naik Capai Rp152 M

288
0
4,5 M Buat Pembanguan Terminal Type A di Bolmong
Drs Ashari Sugeha, Kadis Perhubungan Pemkab Bolmong.

Kotamobaguonline.com, BOLMONG — Sebanyak Rp125 miliar Dana Desa (Dandes), di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengalami kenaikan di tahun anggaran 2017 ini, dari tahun 2016 sebesar Rp119 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, Drs Ashari Sugeha, Sabtu (04/02/2017), ketika dikonfirmasi, menjelaskan, anggaran Dandes tahun 2017 ini di Kabupaten Bolmong mengalami kenaikan. “Anggaran Dandes yang tahun 2016 sebelumnya hanya Rp 119 miliar, kini naik hingga Rp152 miliar,” terang Ashari.

Dia menambahkan, Dandes tersebut akan segera disalurkan, kepada Desa-Desa yang admisntrasinya lengkap. Namun masih ada yang akan dilakukan perbaikan.

“Untuk saat ini kan masih ada perbaikan. Yang pasti secepatnya anggaran ini akan disalurkan,” katanya.

Ia mengingatkan, agar Dandes tersebut harus diberdayakan baik-baik oleh setiap kepala desa. Apalagi di Bolmong memiliki 200 desa. “Kalau dipergunakan secara baik-baik pasti bisa membangun desa,” katanya.

Dirinya mengimbau kepada seluruh sangadi, agar dalam pelaksanaan manjemen keuangan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Desa (Permendes), Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu). “Kalau kedapatan itu sudah kelalaian sendiri, sudah kurang lebih dua tahun belajar bagaimana cara mangelola Dandes, apa lagi sudah ada pendamping desa. Sebaiknya, kalau pun ada masalah silahkan membuka diri dengan instansi terkait untuk meluruskan, supaya tidak salah, karena aturannya ada,”  ujarnya.

Sementara itu, Bendahara Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Pratiwi Sumanta mengatakan, realisasi Dandes tahun 2016 sudah berjalan semua. “Hingga, tahap akhir semua desa sudah mencairkan Dandes, jadi 2016 semua selesai,” tuturnya.

(jumrin potabuga)

Artikulli paraprakYasti Berbagi Rasa Bersama Ratusan Pasien di RSUD Kotamobagu
Artikulli tjetërBappeda Bolmong Tampung Usulan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.